Pemko Terapkan Karcis Parkir | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemko Terapkan Karcis Parkir

Pemko Terapkan Karcis Parkir
Foto Pemko Terapkan Karcis Parkir

* Untuk Tingkatkan PAD dan Meminimalisir Petugas Ilegal

LHOKSEUMAWE – Pemko Lhokseumawe dalam waktu dekat akan memberlakukan karcis bagi setiap kendaraan yang parkir. Aturan ini diterapkan dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir. Sistem karcis ini juga untuk memperkecil ruang gerak petugas parkir ilegal.

“Sekarang karcis sudah mulai kita bagikan kepada petugas. Target kita pekan depan, sistem parkir ini sudah mulai diberlakukan,” kata Kepala Bidang Pendataan, Penetapan, dan Pelayanan pada Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah (DPKAD) Lhokseumawe, Firdaus SE kepada Serambi, kemarin.

Firdaus mengakui bahwa PAD dari sektor parkir selama ini belum memenuhi target. Tahun lalu misalnya, dari target Rp 900 juta, yang berhasil dikumpulkan hanya Rp 650 juta. Sedangkan target tahun ini Rp 800 juta. “Dengan sistem karcis ini kami targetkan PAD dari sektor parkir bisa mencapai 900 juta rupiah,” katanya.

Sebab, dengan sistem karcis akan diketahui di mana saja lokasi parkir ilegal. Karena petugasnya tidak memiliki tiket resmi. Saat program ini berjalan, masyarakat berhak menolak memberikan retribusi parkir bila petugas tidak memberikan tiket. “Jadi secara otomatis petugas parkir ilegal yang masih ingin tetap bekerja harus mengurus izin ke Pemko,” jelasnya.

Alasan lain, dengan adanya tiket parkir ini, akan diketahui secara detail berapa jumlah dana yang terkumpul sesuai dengan jumlah tiket yang habis. Ia menyebutkan, jumlah retribusi parkir untuk sepeda motor Rp 1.000, mobil roda empat Rp 2.000, dan truk berbadan sedang yang diizinkan masuk kota sebesar Rp 6.000.

Wakil Ketua Komisi C DPRK Lhokseumawe, M Hasbi menilai pengelolaan parkir belum maksimal. Ia menyebutkan, angka Rp 650 juta yang berhasil dikumpulkan pada 2016, sangat minim dibanding banyaknya areal parkir, terutama di pusat-pusat perbelanjaan.

“Seharusnya setiap tahun PAD dari sektor parkir minimal 1 miliar rupiah,” kata Hasbi. Ia berharap sistem karcis tersebut mampu meningkatkan PAD dari sektor parkir.(bah) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id