RAPI Bantu Penguatan Komunikasi Penas KTNA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

RAPI Bantu Penguatan Komunikasi Penas KTNA

RAPI Bantu Penguatan Komunikasi Penas KTNA
Foto RAPI Bantu Penguatan Komunikasi Penas KTNA

BANDA ACEH – Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh mengerahkan puluhan relawannya memberikan bantuan komunikasi selama Pekan Nasional (Penas) XV Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) 2017 di Banda Aceh, 6-11 Mei 2017.

Ketua RAPI Aceh, Nasir Nurdin/JZ01BNN kepada Serambi, Kamis (27/4) mengatakan, tidak kurang 70 personel dilibatkan untuk memberikan bantuan komunikasi terkait kegiatan Penas KTNA yang diperkirakan diikuti lebih 25.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan sepekan itu, relawan RAPI akan terus bergerak (mobile) dari satu lokasi ke lokasi lainnya, termasuk memantau pemondokan peserta di desa-desa dalam empat dari sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh serta seluruh desa di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar yang berdekatan dengan Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Kota Banda Aceh sebagai pusat kegiatan.

Menurutnya, komunikasi dua arah bisa berlangsung setiap saat karena panitia juga dibekali dengan alat komunikasi handy talky atau HT yang bukan saja bisa mendengarkan lalulintas komunikasi antara tim lapangan dengan posko pengendali tetapi sekaligus bisa masuk memberikan arahan bahkan solusi terhadap persoalan yang mungkin muncul. “Bisa dibayangkan bagaimana sibuknya melayani tamu yang mencapai puluhan ribu orang. Termasuk saat kedatangan dan penjemputan di bandara atau terminal bus hingga berada di pemondokan. Insya Allah dengan kecepatan informasi dan komunikasi diharapkan bisa meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul,” kata Ketua RAPI Aceh.

Secara teknis, lanjut Nasir, untuk memudahkan komunikasi dari lapangan dengan cakupan area yang luas, RAPI Aceh telah menempatkan satu unit repeater (radio pancar ulang) di salah satu tower dalam areal Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya. “Dengan adanya repeater memungkinkan komunikasi hanya menggunakan HT dari wilayah-wilayah yang berjauhan dengan pusat kegiatan,” kata Nasir didampingi Julizar/JZ01BKO selaku teknisi penguatan sistem komunikasi RAPI untuk Penas KTNA.

Personel RAPI yang terlibat dalam kegiatan Penas XV KTNA 2017 tidak hanya bertugas di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar tetapi juga bergabung dengan panitia penyambutan kontingen yang transit di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara dan kemudian melanjutkan jalan darat ke Banda Aceh.

Sepanjang perjalanan dari Medan ke Banda Aceh, panitia menyiapkan dua lokasi istirahat (rest area) yaitu di Aceh Tamiang dan Aceh Utara, di mana di masing-masing titik tersebut RAPI juga menyiapkan personel untuk melaksanakan fungsi komunikasi.

Selain itu, RAPI juga menyiapkan personel untuk bantuan komunikasi terhadap peserta Penas KTNA 2017 yang akan berwisata ke Sabang dan peninjauan kebun coklat di Pidie Jaya.(mir) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id