Dharma Pertiwi dan Dinkes Deteksi Dini Kanker Serviks | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dharma Pertiwi dan Dinkes Deteksi Dini Kanker Serviks

Dharma Pertiwi dan Dinkes Deteksi Dini Kanker Serviks
Foto Dharma Pertiwi dan Dinkes Deteksi Dini Kanker Serviks

SABANG – Dharma Pertiwi Cabang R Kota Sabang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Selasa (25/4) menggelar kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Kegiatan itu berlangsung di Puskesmas Cot Ba’U, Kecamatan Suka Jaya.

Pemeriksaan IVA yang melibatkan Jalasenatri Lanal Sabang, PIA Ardya Garini Lanud Maimun Saleh, dan ibu-ibu rumah tangga Gampong Cot Ba’U itu dipimpin Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVII Kodim 0112/Sabang, Ny Kholid Firdaus dan Ketua tim pemeriksaan IVA Dinkes, Rini Syahputri AMdKeb.

Kegiatan yang mengusung tema “Menuju Sehat Anggota Dharma Pertiwi” itu bertujuan untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

Rini Syahputri menjelaskan, IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memoles leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5 persen.

Ia mengungkapkan, sekarang lagi musim kanker serviks. Penyakit ini menjadi momok bagi kaum hawa. Sebab, setiap detik selalu ada pasien baru yang menderita kanker serviks. “Metode IVA lebih mudah jika dibanding metode Pap Smear. Sebab, pemeriksaannya sangat simple serta hasilnya lebih cepat dan singkat karena bisa dilihat langsung pada perubahan warna serviks,” katanya.

Ditambahkan, kanker leher rahim disebabkan oleh infeksi dari Human Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Salah satu cara mencegah kanker leher rahim ini adalah skrining atau penapisan. Tujuannya, untuk mengetahui apakah sudah terjadi infeksi atau tidak dengan cara IVA/PAP Smear.(az) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id