Pionir Perebutkan 162 Medali | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pionir Perebutkan 162 Medali

Pionir Perebutkan 162 Medali
Foto Pionir Perebutkan 162 Medali

BANDA ACEH – Sebanyak 3.070 mahasiswa dari 52 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia bersaing dalam Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) VIII di Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 26 April-1 Mei 2017. Mereka akan memperebutkan 162 medali untuk sejumlah cabang lomba di bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA menyampaikan hal ini dalam sambutannya saat pembukaan Pionir VIII di lapangan sepak bola kampus setempat, Rabu (26/4). Pembukaan PIONIR kedelapan kemarin dibuka Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di hadapan mahasiswa seluruh Indonesia.

“Pionir kali ini diikuti 3.070 mahasiswa dari 52 PTKI seluruh Indonesia, ada 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. Selain para kontestan, kita juga kedatangan 513 tim official, mereka para pimpinan masing-masing kampus,” kata Farid Wajdi.

Ke-3.070 mahasiswa tersebut kata Farid, akan mengikuti sejumlah cabang perlombaan di bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset. (Baca cabang diperlombakan). Pada kesempatan itu, Farid berterima kasih kepada Menteri Agama karena UIN Ar-Raniry kali ini dipercayakan menjadi tuan rumah Pionir VIII. Farid mengatakan, PIONIR yang dilaksanakan dua tahun sekali, sebelumnya sudah dilakukan di sejumlah provinisi sejak tahun 2002 dan Pionir VII di UIN Palu. “PIONIR ini untuk meningkatkan pembinaan keilmuan mahasiswa dan untuk mencari mahasiswa-mahasiswa unggul baik dalam akademik, olaharga, seni, dan riset,” ujarnya.

Dalam Pionir kali ini, para PTKI seluruh Indonesia juga akan memperebutkan piala bergilir yang sebelumnya diraih Banten. Selain perlombaan, dalam ajang ini juga akan digelar berbagai kegiatan, seperti bazar, pameran, panggung kesenian, dan beberapa kegiatan lainnya.

Pembukaan PIONIR kemarin turut dihadiri oleh Sekda Aceh, Wali Nanggroe, Pangdam IM, Kapolda Aceh, Kakankemenag Aceh, dan sejumlah tamu lainnya. Pembukaan Pionir berlangsung meriah dengan penampilan tarian kolosal 600 penari mahasiswa UIN Ar-Raniry. Usai pembukaan, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin juga melakukan peletakan batu pertama gedung FEBI, dan meresmikan Laboratorium Fakultas Adab dan Humaniora.

Sementara Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan, ajang tersebut digelar Kementerian Agama agar mahasiswa Perguruan Tinggi Islam seluruh Indonesia tidak hanya memiliki kecerdaan intelektual. Namun juga memiliki kecerdasan spiritual, moral, dan kultural. “Kita ingin membiasakan mahasiswa untuk itu, ini ajang nasional, semoga kegiatan ini berlangsung dengan lancar,” pungkasnya. (dan) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id