Mekar dari Aceh Barat, Pemko Meulaboh Segera Terwujud | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mekar dari Aceh Barat, Pemko Meulaboh Segera Terwujud

Mekar dari Aceh Barat, Pemko Meulaboh Segera Terwujud
Foto Mekar dari Aceh Barat, Pemko Meulaboh Segera Terwujud

URI.co.id, BANDA ACEH – Perjuangan masyarakat Meulaboh yang menginginkan mekar dari kabupaten induk yaitu, Aceh Barat, akan segera terwujud. Sebentar lagi Meulaboh akan menjadi pemerintahan kota, salah satu kota baru di Aceh.

Kepastian ini diketahui setelah Dewan Perwakilan Rakyat Aceh menetapkan jadwal rapat Bandan Musyawarah (Banmus) dengan agenda persetujuan terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Meulaboh sebagai pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat.

Rapat tertutup itu berlangsung di Ruang Serba Guna DPRA, Kamis (27/4/2017), dipimpin oleh Ketua DPRA, Tgk Muharuddin dan diikuti sejumlah anggota dewan. Kegiatan itu sempat molor dari waktu yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB, karena lamanya anggota dewan tiba di ruang rapat.

Saat ini ada beberapa usulan pemekaran yang disampaikan oleh masing-masing daerah ke DPRA. Selain Meulaboh ada juga Aceh Raya dan Aceh Rayeuk yang minta mekar dari Kabupaten Aceh Besar, dan Aceh Selatan Jaya mekar dari Kabupaten Aceh Selatan.

“Daerah yang sudah siap mekar adalah Meulaboh. Kalau Aceh Raya tinggal menunggu surat rekomendasi Bupati Aceh Besar. Jika itu sudah ada rekomendasi sudah bisa di paripurna, tapi saat ini belum ada rekomendasi dari bupati, bagaimana kita proses,” kata Sulaiman Ali (Ayah Leman) menjawab URI.co.id, sebelum rapat dimulai.

Selain beragenda meminta persetujuan anggota dewan terhadap pembentukan DOB Kota Meulaboh sebagai pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat, rapat Banmus juga membahas lima agenda lainnya.

Yaitu, persetujuan terhadap Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRA Tahun 2017, penetapan jadwal paripurna istimewa terhadap Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh Tahun 2016, persetujuan terhadap penetapan rencana pelepasan hak atas tanah dan bangunan dalam bentuk hibah kepada Kejaksaan Tinggi Aceh dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Selain itu, penetapan jadwal pembahasan R-APBA Tahun Anggaran 2018, dan pengumuman perubahan susunan Fraksi dan Alat Kelengkapan DPRA. (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id