Rumah Tertimpa Pohon, Kedai Roboh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rumah Tertimpa Pohon, Kedai Roboh

Rumah Tertimpa Pohon, Kedai Roboh
Foto Rumah Tertimpa Pohon, Kedai Roboh

* Angin Kencang Terjang Bireuen

BIREUEN – Angin kencang menerjang kawasan Bireuen, Rabu (26/4) sekira pukul 12.00 WIB. Satu rumah di Desa Geudong Alue, Kecamatan Kota Juang tertimpa pohon kelapa. Selain itu, kedai-kedai keripik di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan kawasan Desa Blang Cot, Kecamatan Jeumpa, roboh.

Pantauan Serambi, angin kencang yang menerjang Bireuen terjadi sekitar 15 menit. Sejumlah tenda milik pedagang di Jalan Langgar Square dan beberapa kios keripik di lintas nasional Banda Aceh-Medan di kawasan Desa Blang Cot, Kecamatan Jeumpa roboh diterjang angin.

Satu rumah dan kedai milik Ismi (40), di Desa Geudong Alue, Kecamatan Kota Juang, tertimpa pohon kelapa yang tumbang diterjang angin. Istri dan dua putranya yang masih kecil selamat dari reruntuhan atap rumahnya.

Ismi mengatakan, saat angin kencang terjadi, ia sedang berada di kedai yang satu atap dengan rumahnya. Sedangkan istrinya Suwarni (35) dan dua putranya, Maulana (6) dan M Aidil (1,5), berada dalam rumah. Tiba-tiba pohon kelapa milik tetangganya tumbang ke atap rumah.

Syukur, lemari pakaian dapat menahan pohon kelapa yang tumbang itu. Sehingga istri dan dua anaknya selamat. Ismi dan istrinya sangat terkejut dan bergegas lari ke luar rumah. “Istri saya sedang mengayun Aidil dalam ayunan di kamar. Sedangkan saya berada di kedai. Tanpa kami duga pohon kelapa di sebelah utara rumah kami tumbang ke atap rumah,” kata Ismi

Pasca kejadian itu, Ismi bersama tetangga dan warga setempat, membersihkan puing-puing reruntuhan atap rumahnya. Beberapa saat kemudian, sejumlah relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen tiba dan ikut membersihkan puing-puing reruntuhan atap dan memindahkan batang pohon kelapa yang tumbang tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Bireuen, Farhan Husein yang ditanyai Serambi mengatakan, pasca angin kencang itu, banyak bangunan seperti kios pedagang, tenda, dan rumah yang diterpa angin. “Saat ini kami masih mendata kerusakan bangunan akibat diterjang angin,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ektrim yang terjadi tanpa diduga. “Kami minta masyarakat tetap waspada, jika terjadi angin kencang, segera keluar dari dalam rumah dan mencari tempat aman. Pohon-pohon yang membahayakan di sekitar rumah supaya ditebang agar saat angin kencang tidak roboh ke tas rumah,” pinta Farhan.(c38) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id