Doto Bahas Asrama Mahasiswa Aceh dengan Sultan Yogyakarta | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Doto Bahas Asrama Mahasiswa Aceh dengan Sultan Yogyakarta

Doto Bahas Asrama Mahasiswa Aceh dengan Sultan Yogyakarta
Foto Doto Bahas Asrama Mahasiswa Aceh dengan Sultan Yogyakarta

MENYIKAPI persoalan asrama mahasiswa Aceh di Yogyakarta, Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah atau biasa disapa Abu Doto melakukan pembahasan serius dengan Gubernur DI Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4).

Pertemuan itu berlangsung seusai pembukaan Musrenbangnas oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Aceh menyampaikan kondisi bahwa asrama mahasiswa Aceh di Jalan Poncowinatan Nomor 6 Yogyakarta itu sudah dihuni mahasiswa Aceh sejak 1963 atau telah 54 tahun.

Pemerintah Aceh dalam beberapa tahun terakhir telah berupaya agar asrama tersebut tidak beralih ke pihak lain, namun baru-baru ini ada gugatan Sutan Suryajaya dan penggugat dimenangkan majelis hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Gubernur Zaini menjelaskan ahasiswa Aceh sangat membutuhkan asrama tersebut untuk melanjutkan pendidikan di sana. Menanggapi penjelasan Abu Doto, Gubernur DI Yogya yang juga Sultan Yogyakarta berjanji akan membantu penyelesaiansengketa asrama Aceh itu.

Sultan Yogya ini menyatakan akan menelusuri asalusul masalah lahan tersebutdan akan membantu mencari solusinya. Sesuai permintaan Sultan, Gubernur Zaini mengatakan PemerintahAceh akan segera mengirim surat resmi kepada Sultan Yogya agar persoalan tersebut segera ditindaklanjuti. “Alhamdulillah, Gubernur Yogya siap bantu selesaikan soal asrama Aceh tersebut. Saya segera membuat surat resmi kepada Gubernur Yogya.

Semoga soal asrama ini segera selesai,” kata Gubernur Zaini. Abu Doto lebih detail menjelaskan Pemerintah Aceh sudah lama mengklarifikasi kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) terhadap status kepemilikan lahan asrama itu. “Masalahnya kemudian, saat kita sedang lakukan proses klarifikasi, ada pihak lain yang mengaku sebagai pemilik tanah dan melakukan gugatan ke pengadilan,” ujar Gubernur Zaini.

Ia mengharapkan Gubernur Yogya membantu penyelesaian sengketa lahan asrama itu. “Kitaoptimis bahwa persoalan ini akan selesai dengan baik, terutama setelah Sultan Yogya turun tangan,” ujar Gubernur Zaini. Abu Doto berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa mendatang. Karena itu, ia meminta semua asrama mahasiswa Aceh di luar daerah agar didata dan segera diurus surat-surat diperlukan. (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id