Hari ini, Gubernur Buka Gelar TTG XII | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hari ini, Gubernur Buka Gelar TTG XII

Hari ini, Gubernur Buka Gelar TTG XII
Foto Hari ini, Gubernur Buka Gelar TTG XII

TAPAKTUAN-Gubernur Aceh dr Zaini Adbdullah, Kamis (27/4) hari ini, dijadwalkan membuka kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) XII tingkat Provinsi Aceh yang digelar bersamaan dengan peringatan BBGRM XIV dan HKG-PKK ke-45 tahun 2017.

Perhelatan gabungan tiga event tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 tersebut berlangsung 27 April-1 Mei 2017, di Kompleks Taman Pala Indah Reklamasi Pantai Tapaktuan. Rencananya diikuti seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh.

Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH kepada Serambi, Rabu (5/4) malam mengungkapkan, tiga event tingkat provinsi ini dikunjungi ribuan tamu dari kabupaten/kota di Aceh. Peningkatan jumlah pengunjung ini akan ikut berdampak pada sektor kepariwisataan, kuliner, rumah makan serta sektor usaha lainnya.

“Karenanya saya berharap, pengusaha perhotelan, rumah makan, kuliner untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya, sehingga tamu yang berkunjung ke Aceh Selatan bisa semakin berkesan,” pesan Bupati Sama Indra melalui Serambi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Prof Dr Ir Amhar Abubakar, M.Sc kepada Serambi, Rabu (26/7) menjelaskan, gelar TTG merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Selain itu, katanya, TTG dapat dijadikan sebagai ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di desa.(tz)
Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi TTG 2017, Dr Ir Izarul Machdar, MEng mengungkapkan, ada tiga lomba yang dilakukan pada event tahun ini, yakni lomba inovasi TTG, lomba unggulan TTG, dan lomba pameran TTG. “Lomba inovasi telah dilakukan penjaringan alat TTG sejak beberapa bulan yang lalu,” jelasnya.

Dari 32 alat TTG yang masuk ke panitia dari seluruh Aceh, kata Izarul Machdar, telah diperoleh 10 alat yang dilakukan verifikasi lapangan oleh dewan juru. Selanjutnya, juri memilih enam alat TTG yang akan dilakukan peningkatan untuk mendapat urutan 1 sampai 6.

Enam alat ini, katanya, berasal dari Kabupaten Aceh Tamian (alat bantu pemuatan TBS), Langsa (alat pengembur tanah), Sabang (lemari multi fungsi), Abdya (madu linot dan alat pembersih rumput pada lahan sawah), dan Aceh Selatan (alat penanam jagung semi mekanisk). “Keenam alat ini dipamerkan dalam TTG XII tahun 2017 ini,” jelasnya.

Pantauan Serambi, event tingkat provinsi ini mampu mengubah suasana Tapaktuan, ibukota Kabupaten Aceh Selatan menjadi “lautan manusia”. Sebab, selain dihadiri bupati dan walikota se-Aceh, para Kepala SKPK di setiap kabupaten/kota juga ikut membawa keluarganya berkunjung ke Aceh Selatan.(tz) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id