Irwandi Inginkan Koalisi Baru | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Irwandi Inginkan Koalisi Baru

Irwandi Inginkan Koalisi Baru
Foto Irwandi Inginkan Koalisi Baru

* Semua Partai Bersinergi

BANDA ACEH – Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Nasional Aceh (PNA), Drh Irwandi Yusuf MSc yang juga gubernur Aceh terpilih pada Pilkada 2017, menginginkan lahirnya koalisi baru di DPRA untuk mendukung jalannya pemerintahan Irwandi-Nova Iriansyah lima tahun ke depan.

Irwandi berharap, semua partai berkoalisi dengan satu sikap dan satu keputusan, untuk membangun Aceh yang lebih baik. “Saya mengajak kita membuat koalisi baru yang lebih bermartabat lagi. Semua partai silakan ikut berkoalaisi. Sebaiknya koalisi itu semua partai, buat koalisi baru kalau semua bersedia, tanpa ada paksaan,” kata Irwandi Yusuf saat diwawancarai wartawan usai menghadiri launcing E-KTA Partai Daerah (PD) Aceh di kantor partai tersebut di Banda Aceh, Senin (24/4).

Untuk diketahui, selama ini delapan dari 13 partai politik di DPRA dinaungi satu koalisi yang diberi nama Koalisi Aceh Bermartabat (KAB). Koalisi yang dideklarasikan pada 16 November 2014 itu, menguasai 74 kursi dari 81 kursi yang ada di DPRA. Kedelapan parpol itu adalah Partai Aceh (PA), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Lima partai di luar KAB–sebagaimana diberitakan Serambi 17 November 2017–adalah Partai Nasional Aceh (PNA), Partai Kedaulatan Bangsa (PKB), Partai Bulang Bintang (PBB), Partai Daulat Aceh (PDA), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Irwandi dalam keterangan kepada wartawan kemarin, tak menampik keberadaan KAB di DPRA selama ini. Pun demikian, ia tetap mengajak semua partai untuk membangun koalisi baru, dengan satu tujuan, yakni untuk membangun Aceh yang lebih baik ke depan, antara eksekutif dan legislatif. “Makanya saja ajak, meskipun ada KAB. KAB itu kan bisa dibentuk, bisa dimodifikasi, bisa dibubarkan. Saya mengajak kita membuat koalisi baru yang lebih bermartabat lagi,” sebutnya.

Irwandi mengatakan, untuk membangun Aceh yang lebih baik ke depan, mau tak mau semua partai harus bersinergi, mendukung pemenang hasil kontestasi pilkada. Tentunya, dukungan atau sikap berkoalisi diberikan sejauh pemenang tersebut mengemban amanah dengan baik. “Kalau mau oposisi pun silakan, tapi bukan oposisi untuk dendam. Tapi oposisinya untuk membangun, mengkritik yang salah, jangan yang benar pun dilawan,” sebutnya.

Terkait pernyataan Ketua Fraksi PA, Kautsar Muhammad Yus beberapa waktu lalu yang siap mendukung pemerintah Irwandi-Nova, Irwandi yakin dengan apa yang diutarakan oleh Kautsar tersebut.

Irwandi yakin, PA akan mendukung dirinya dan Nova Iriansyah selaku pimpinan eksekutif lima tahun ke depan, walaupun masih ada semangat untuk beroposisi dari partai penguasa kursi di DPRA tersebut. “Kita ingin semuanya baik, DPRA bukan ajang perang partai, tapi ajang penyetor visi misi partai dan eksekutif,” sebutnya.

Ditanya apa program kerja utama yang akan dikerjakan setelah dilantik nanti, Irwandi mengatakan, fokus utama dirinya akan diarahkan untuk persoalan pelayanan kesehatan di Aceh.

Ia akan menertibkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Menurut Irwandi, BPJS selama ini dinilai masyarakat salah satu hal yang memberatkan. “Terutama prosedur pengurusanan administrasinya, saya ingin bereskan itu,” ujarnya.

Irwandi menginginkan, setiap kali masyarakat berobat ke rumah sakit, tidak dipersulit dengan hal-hal yang tidak penting. “Saya ingin masyarakat Aceh yang datang berobat, hanya bawa KTP dan orang sakit, selebihnya nanti ada yang urus. Saya sudah bicara hal itu dengan presiden, beliau mendukung,” pungkas Irwandi Yusuf.

Ditanya terkait pelantikan, Irwandi ingin pelantikan dilakukan dua kali, oleh Presiden Joko Widodo sekali di Istana Merdeka, sedangkan sekali lagi di Aceh sebagaimana mestinya. Terkait hal ini, Irwandi mengaku juga telah menyampaikannya kepada Presiden Jokowi. (dan) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id