PNA Gagas Koalisi Besar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PNA Gagas Koalisi Besar

PNA Gagas Koalisi Besar
Foto PNA Gagas Koalisi Besar

* Demokrat Sejalan

KEINGINAN Irwandi Yusuf untuk membuat koalisi baru di DPRA guna mendukung jalannya pemerintah Irwandi-Nova Iriansyah ternyata bukan isapan jempol. Rencana tersebut juga dalam pemabahasan serius Partai Nasional Aceh (PNA) bersama partai nasional lainnya. PNA sedang menggagas lahirnya koalisi besar di DPRA.

“Sekarang kita sedang lakukan tahapan (komunikasi) dengan partai nasional, dalam beberapa hari ke depan, kita akan memfinalkan koalisi besar. Ini masih dalam pembahasan konkret, kalau secara teknis sudah kita bicarakan sebelumnya,” kata Ketua Umum PNA, Irwansyah alias Tgk Muksalmina saat dikonfrimasi Serambi tadi malam.

Untuk koalisi besar yang sedang digagas ini, PNA mempersilakan semua partai di DPRA untuk bergabung. Partai apa pun yang mempunyai prinsip yang sama untuk membangun Aceh bersama-sama ke depan, dipersilakan untuk bergabung.

Ditanya partai-partai mana saja yang telah menyatakan diri bergabung, Irwansyah mengaku belum final. “Termasuk nama koalisinya sedang dalam pembahasan. Tapi intinya koalisi ini terdiri atas beberapa partai. Kita sedang memfinalkan pembahasannya, nanti kalau sudah siap akan kita konferensi pers kan,” kata Irwansyah.

Semua partai yang telah diajak berkomunikasi, menurut Irwansyah, memberikan respons yang cukup positif. Semuanya sepakat, jika tujuannya untuk membangun Aceh yang lebih baik ke depan.

Selain akan membentuk koalisi besar di DPRA untuk mendukung pemerintah, PNA ternyata akan membuat fraksi sendiri di DPRA. Irwansyah menyebutkan, PNA akan keluar dari fraksi NasDem yang selama ini bergabung. “Kita akan membuat fraksi sendiri yang tergabung dengan PKB dan PDA. PNA tiga kursi, PKB satu kursi, dan PDA satu kursi, totalnya lima. Dalam aturan untuk membentuk fraksi minimal lima kursi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh, Nova Iriansyah menyebutkan, Partai Demokrat Aceh ke depan tentunya sepakat dan sejalan dengan pemerintah Irwandi-Nova. “Demokrat sejalan dengan Irwandi Nova, koalisi dalam pengertian mendukung program pro rakyat, tapi akan mengkritisi apabila tidak pro rakyat. Ini saya bicara atas nama ketua partai ya, bukan atas nama wagub terpilih,” kata Nova Iriansyah.

Ia juga mengaku, saat ini Demokrat sedang melancarkan komunikasi dengan sejumlah partai. Proses itu baru saja dimulai dan masih sangat prematur jika diungkap ke publik.

Fokus pembicaraannya, kata Nova, macam-macam, selain soal koalisi juga soal politik anggaran ke depan yang harus tepat sasaran bagi masyarakat Aceh. “Malam ini (tadi malam -red) kita ketemu Golkar, ini baru dimulai, jadi masih terlalu mentah,” pungkas Nova. (dan) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id