Panitia Kontrol Tarif Mobil Rental | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Panitia Kontrol Tarif Mobil Rental

Panitia Kontrol Tarif Mobil Rental
Foto Panitia Kontrol Tarif Mobil Rental

* Jelang dan Saat Penas KTNA

BANDA ACEH – Tarif mobil rental diharapkan tetap normal dan wajar meski permintaan melonjak menjelang maupun pada saat pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XV di Banda Aceh, 6-11 Mei 2017.

“Panitia tetap mengontrol dan mengoordinasikan tarif mobil rental tersebut baik dengan asosiasi maupun dengan masing-masing perusahaan rental. Kita tidak menginginkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk kepentingan sesaat sehingga memunculkan kesan negatif terhadap Aceh selaku tuan rumah,” kata Sekretaris Umum Penas XV KTNA, Ir Masnun kepada Serambi di sela-sela rapat panitia di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (24/4).

Masnun didampingi Kasi Sarana dan Angkutan Bidang LLAJ Dishub Aceh, M Alqadri menjelaskan, terkait dengan meningkatnya permintaan mobil rental menjelang dan pada saat Penas XV di Banda Aceh, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan rental.

Menurut data dari sejumlah perusahaan rental yang dihimpun pihak Dishub Aceh, harga sewa harian untuk berbagai jenis mobil berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Harga sewa sudah termasuk BBM, gaji sopir, dan uang makan sopir.

Untuk jenis mobil Avanza, berkisar antara Rp 500.000 sampai 700.000, Innova Rp 650.000 sampai Rp 800.000, Fortuner Rp 1.450.000 sampai Rp 1.500.000, Alphard Rp 3.400.000 sampai Rp 3.500.000, Land Cruiser Rp 5 juta, KIA Travello Rp 1 juta-Rp 1,2 juta, Isuzu Elf Rp 1,4 juta sampai Rp 1,5 juta, Toyota Hi-Ace Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta, L300 Box Rp 1,5 juta, dan bus 24 seat Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta.

Menurut Alqadri, pihaknya mendapatkan data harga mobil rental tersebut dari tiga perusahaan rental di Banda Aceh yaitu CV Citra Mandiri, PT Adiguna, dan PT Med Imam Travel. “Kita berharap agar perusahaan rental berperan aktif menyukseskan Penas KTNA di Aceh dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu termasuk dalam soal harga sewa mobil,” tandas Sekreteris Umum Penas KTNA, Masnun yang juga Kadis Ketahanan Pangan Aceh.

Bagi para tamu yang akan menggunakan jasa ojek (sepeda motor) atau becak motor di Kota Banda Aceh–termasuk peserta Penas KTNA dari berbagai daerah–sudah ada ketentuan tarif yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Wali Kota Banda Aceh Nomor 20 Tahun 2017.

Tarif ojek sepeda motor atau becak motor ditetapkan Rp 5.000 untuk kilometer pertama dan kemudian Rp 3.500 untuk kilometer kedua dan seterusnya.

Selain ojek dan becak motor, juga sudah ada ketetapan tarif untuk mobil penumpang (Avanza dan sejenisnya) yaitu Rp 6.500 saat buka pintu dan selanjutnya Rp 5.000/km.

Kasi Sarana dan Angkutan Bidang LLAJ Dishub Aceh, M Alqadri kepada Serambi mengatakan, Dishub Aceh akan mengeluarkan surat edaran tentang harga rental kendaraan kepada seluruh hotel, koordinator transportasi pedesaan, keuchik/kepala desa, dan brosur untuk seluruh kontingen Penas KTNA di Banda Aceh.(nas) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id