PMI Pijay Bantu Pemulihan Korban Pasca Gempa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PMI Pijay Bantu Pemulihan Korban Pasca Gempa

PMI Pijay Bantu Pemulihan Korban Pasca Gempa
Foto PMI Pijay Bantu Pemulihan Korban Pasca Gempa

URI.co.id, MEUREUDU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pidie Jaya PMI melakukan pemulihan terhadap korban pasca bencana gempa yang difokuskan pada empat sektor.

Ketua PMI Pidie Jaya, Fakhruzzaman Hasballah kepada URI.co.id, Selasa (25/4/2017) mengatakan, pasca bencana gempa, PMI berkomitmen lewat bantuan yang digalang melalui perhimpunan PMI dan Bulan Sabit Merah Internasional (BSMI) ‎untuk selanjutnya dapat difokuskan pada empat sektor pemulihan.

“Masing-masing sektor mata pencaharian, hunian, air bersih, dan sanitasi,”jelasnya.

Keempat fokus kegiatan ini merupakan dukungan lanjutan tanggap darurat pasca gempa bumi yang melanda Aceh pada 7 Desember 2016 melalui program bantuan berbasis tunai atau Cash Transfer Program (CTP).

Menurut Fakhruzzaman, melalui program CTP, PMI akan menyalurkan bantuan dana untuk membantu memulihkan mata pencaharian masyarakat yang tertimpa gempa terhadap 500 Kepala Keluarga (KK) di 54 gampong yng tersebar dalam lima kecamatan yaitu, Bandar Dua, Bandarbaru, Meureudu, Panteraja, dan Tringgadeng.

Bantuan dana bantuan CTP ini diberikan Rp 2.730.000 bagi setiap KK untuk selanjutnya dimamfaatkan untuk penyedian kebutuhan dasar dan peralatan untuk menunjang kegiatan mata pencaharian masyarakat.

Sementara dana bantuan CTP untuk hunian atau tempat tinggal juga diberikan dalam bentuk dana Rp 4.550.000 per KK yang akan dipergunakan untuk penyediaan peralatan pertukangan untuk memperbaiki rumah masyarakat yang roboh atau rusak berat.

Sedangkan bantuan CTP untuk air dan sanitasinya serta perbaikan slurn Ir bersih yang rusak pasca gempa maka, pihak PMI juga memperuntukan bagi 700 KK di 39 gampong bagi warga di lima kecamatan, yaitu Meurah Dua, Bandarbaru, Ulim, Panteraja, dan Meureudu. Masing-masing setiap KK mendapat dana Rp. 910,000.

“Program CTP ini akan berlangsung dari 22 April hingga 30 April 2017,”jelasnya. . (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id