Besok, Menteri Agama Buka Pionir VIII | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Besok, Menteri Agama Buka Pionir VIII

Besok, Menteri Agama Buka Pionir VIII
Foto Besok, Menteri Agama Buka Pionir VIII

BANDA ACEH – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (26/4) besok, direncanakan membuka Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) VIII di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Even yang diadakan setiap dua tahun itu diikuti 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), yaitu 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA bersama Ketua Panitia Pionir VIII, Prof Dr Syamsul Rijal MAg dalam konferensi pers, Senin (24/4) di Media Center Pionir VIII, Kampus UIN Ar-Raniry. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah wartawan media cetak, online, dan radio.

Ketua Panitia Pionir VIII, Prof Syamsul Rijal mengatakan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan membuka Pionir VIII di kampus UIN Ar-Raniry. Ada yang unik menjelang pembukaan, Menteri Lukman dan Rektor Farid Wajdi akan menunggangi gajah yang didatangkan khusus dari Aceh Barat, sebagai kendaraan menuju ke lokasi pembukaan di Lapangan Bola Kaki kampus itu.

“Awalnya kami akan datangkan gajah dari Saree, Aceh Besar. Tapi ternyata gajahnya sedang musim kawin, sehingga kami coba datangkan dari Meulaboh,” ujar Prof Syamsul disambut tawa kecil para insan pers yang hadir.

Menurut Syamsul, secara umum kegiatan tersebut terdiri atas dua model, yaitu pertandingan olahraga dan lomba seni dan riset. “Ada 2250 atlet mahasiswa, ratusan official, puluhan pimpinan kampus serta dosen yang hadir. Kami prediksi mencapai 3 ribu orang,” ujarnya. Disebutkan, ada tiga venue yang akan digunakan yaitu kampus UIN Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan Gedung KONI Aceh.

Terkait fasilitas, Prof Syamsul mengaku semuanya sudah rampung. Petugas hanya melakukan finishing di beberapa titik sebelum hari pembukaan Pionir. Disebutkan, sedikitnya ada empat stan besar dari empat daerah dan stan dari pihak kampus. “Kami juga telah menyiapkan tim pengamanan khusus bekerja sama dengan Polda Aceh. Lokasi parkir kendaraan pengunjung juga sudah ditentukan,” jelasnya.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi mengatakan, Pionir VIII merupakan even nasional yang tidak hanya membawa nama UIN Ar-Raniry, tapi juga masyarakat Aceh keseluruhan. “Kesuksesan acara ini adalah kebanggaan UIN dan masyarakat Aceh. Kita harus optimis bisa melaksanakannya dengan sukses, aman, dan menciptakan citra positif,” ujar Farid.

Menurutnya, kegiatan itu bukan sekedar ajang pameran atau promosi daerah semata, tapi jauh lebih seru, karena setiap kampus di bawah Kemenag RI akan berlomba untuk menjadi yang terbaik. “Kami akan menurunkan 127 atlet untuk memenangkan semua medali,” kata Farid optimis menjadi juara umum.

Farid mengaku pihaknya telah menggelontorkan dana Rp 8,5 miliar, di mana Rp 3,5 miliar di antaranya berasal dari kementerian untuk Pionir VIII. Bahkan, Menag juga akan melakukan peletakan batu pertama gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) senilai Rp 23 miliar. Kemudian peresmian Laboratorium Fakultas Adab dan Humaniora yang berbentuk rumoh Aceh. (fit) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id