Perintah Shalat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Perintah Shalat

Perintah Shalat
Foto Perintah Shalat

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar” (QS. Al-Ankabut: 45).

Di antara hal penting yang dibawa Rasulullah SAW dari perjalanan Israk Mikrajnya menemui Allah ialah perintah shalat. Shalat sesungguhnya sangat penting bagi kehidupan umat manusia, khususnya umat Islam.

Pertama, shalat merupakan saat paling bermakna dalam hidup setiap hamba. Saat shalat bisa mengulang janji di hadapan Allah, bisa mengadu tentang perihal kehidupan ini, mengharapkan kebaikan-kebaikan, dan lain-lain. Allah pun mencintai hamba-hambaNya yang taat, selalu mendengar keluh kesahnya, dan akan menerima segala permintaannya.

Kedua, shalat membantu menenangkan hati. Pasalnya, bila seseorang hamba sudah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, maka akan terasa lega hatinya. Allah maha tahu apa yang terbaik bagi hamba-hambaNya yang beriman dan taat kepadaNya.

Ketiga, shalat bisa mencegah dari segala perbuatan keji dan mungkar. Itu janji Allah. Itu pasti. Tentunya, hal itu bisa terjadi bila melaksanakan shalat dengan ikhlas. Dengan kata lain, shalat bisa dipakai sebagai ukuran untuk mengukur diri. Bila belum baik, maka pasti ada yang belum beres dalam melaksanakan shalat. Karena itu, perlu diperbaiki.

Masih banyak fungsi shalat bagi kehidupan setiap orang. Sayangnya, sebahagian orang tak mampu merebut semua fungsi tersebut. Bukan hanya karena tak melakukan shalat dengan benar, tetapi juga ada yang tak mau shalat sepanjang hidupnya. (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id