Akibat Erosi, Rumah Warga Terancam Ambruk dalam Sungai Gunung Pandan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Akibat Erosi, Rumah Warga Terancam Ambruk dalam Sungai Gunung Pandan

Akibat Erosi, Rumah Warga Terancam Ambruk dalam Sungai Gunung Pandan
Foto Akibat Erosi, Rumah Warga Terancam Ambruk dalam Sungai Gunung Pandan

URI.co.id, KUALASIMPANG – Belasan  rumah warga di Dusun Gunung Pandan, Desa Kampong Selamat Kecamatan Tenggulun terancam erosi Sungai Gunung Pandan.

Jarak pinggir sungai yang longsor berjarak sekitar satu sampai dua meter. Jika tidak cepat ditangani, diprediksi jika terjadi banjir besar, dipastikan rumah tersebut ambruk ke dalam sungai.

Camat Tenggulun, Zulfikar kepada URI.co.id, Senin (24/4/2017) mengatakan, kondisi abrasi sungai Gunung Pandan sudah berlangsung lama namun yang parah dua tahun terakhir, saat terjadi banjir bandang besar, sebagian besar pinggir sungai tersebut tergerus arus sungai.

Jika tidak cepat dilakukan, sekali lagi banjir bandang terjadi, dipastikan satu dua rumah akan ambruk ke dalam sungai bahkan tidak tertutup kemungkinan badan jalan juga ambruk, jika ini terjadi maka warga Desa Kampong Seulamat akan terisolasi.

”Selain rumah dan halaman rumah warga, kebun sawit dan kebun holtikultura berisi tanaman pinang, coklat, durian dipastikan juga akan terkena dampak erosi sungai Gunung Pandan tersebut,” ujarnya.

Pihaknya sudah melapor kepada Pemkab Aceh Tamiang, agar erosi ini segera dapat ditangani karena kondisinya sangat darurat.

“Kalau memungkinkan tahuan ini dapat di bangun beronjong penahan ambruknya pinggir sungai tersebut ,” ujarnya. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id