Warga Sakti Serahkan Senpi ke Polisi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Sakti Serahkan Senpi ke Polisi

Warga Sakti Serahkan Senpi ke Polisi
Foto Warga Sakti Serahkan Senpi ke Polisi

SIGLI – Warga Kecamatan Sakti, Pidie, Jumat (21/4) sekitar pukul 22.00 WIB, menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) laras pendek jenis Colt bersama lima butir peluru aktif berkaliber 38 mm kepada polisi. Pistol peninggalan masa konflik Aceh itu diserahkan melalui Unit Opsnal Sat Reskrim dan Unit Opsnal Sat Intelkam Polres Pidie di sebuah gampong di Sakti.

Kapolres Pidie, AKBP M Ali Kadhafi SIK, kepada Serambi, Sabtu (22/4) mengatakan, pistol dan peluru itu diserahkan berdasarkan kesadaran sendiri. Menurut Kapolres, pihaknya tetap menyembunyikan identitas warga tersebut.

Dikatakan, pistol itu masih bisa dipakai karena kondisinya masih cukup bagus. “Kami beri apresiasi kepada warga yang menyerahkan senpi. Warga sipil tidak boleh menggunakan senpi karena selain membahayakan jiwa juga akan diproses secara hukum,” kata M Ali. Saat diserahkan ke polisi, pistol tersebut dimasukkan dalam plastik warna hitam.

Ke depan, lajut Ali, pihaknya akan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat tentang warga sipil dilarang menyimpan atau menggunakan senpi. Menurutnya, Kapolsek merupakan ujung tombak untuk sosialisasi tersebut.

“Senjata di tangan masyarakat masih ada, hanya saja kita tak tahu jumlah yang beredar. Buktinya, ada warga yang menyerahkan senjata secara sukarela dan adanya aksi kriminal beberapa hari lalu yang pelakunya menggunakan senpi. Kami tidak jemu-jemu mengimbau warga untuk menyerahkan senjata api secara baik-baik kepada polisi,” demikian Kapolres Pidie, AKBP M Ali Kadhafi.(naz) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id