Longsor Timbun Jalur Takengon-Bintang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Longsor Timbun Jalur Takengon-Bintang

Longsor Timbun Jalur Takengon-Bintang
Foto Longsor Timbun Jalur Takengon-Bintang

* Seorang Warga Hilang, Empat Selamat

TAKENGON – Tebing jalan di pinggiran Danau Laut Tawar, tepatnya di kawasan Utung-utung, Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah–lintasan Takengon-Bintang–longsor, Sabtu (22/4) siang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Tengah, Jauhari ST kepada Serambi mengatakan, panjang rentangan longsor sekitar 100 meter dengan ketebalan material tebing berupa bongkahan batu dan tanah yang menimbun badan jalan berkisar antara 20-25 meter. Selain menimbun badan jalan, material longsor ‘mengguyur’ hingga ke pinggiran danau.

Jauhari yang juga Ketua RAPI Aceh Tengah membenarkan ada seorang warga yang tertimbun longsor dan masih dalam pencarian. Sedangkan empat lainnya selamat, bahkan seorang di antaranya menceburkan diri ke danau ketika longsor terjadi yang akhirnya diselamatkan oleh nelayan. “Tiga orang sempat juga tertimbun namun hanya sebatas pinggang dan berhasil diselamatkan,” ujar Jauhari.

Mengenai korban yang hilang, menurut Jauhari adalah warga yang sedang memancing di danau. Ketika terdengar suara gemuruh, seorang di antaranya langsung terjun ke danau dan diselamatkan oleh masyarakat (nelayan). Sedangkan seorang lagi lari ke arah atas sehingga tertimbun.

Sumber lainnya, yaitu Ketua RAPI Bener Meriah, Adi Ariga Saputra/JZ01JBN menginformasikan, korban akibat tertimbun longsor di ruas jalan Takengon-Bintang tersebut ada yang dirawat di Puskesmas Bintang dan ada juga yang dilarikan ke RSU Datu Beru Takengon.

Mengenai korban yang dilaporkan hilang, hingga Sabtu sore kemarin terus dicari namun belum membuahkan hasil. Beberapa alat berat sudah dikerahkan ke lokasi. Namun, sekitar pukul 18.00 WIB kemarin, pencarian dihentikan sementara. “Cuaca juga sangat tidak mendukung,” kata Kalak BPBD Aceh Tengah.

Pihak BPBD mengimbau masyarakat yang akan ke Bintang atau sebaliknya agar melewati jalur alternatif yaitu dari jalur selatan (Hotel Renggali) sambil menunggu pembersihan di lokasi longsor.

Ditinjau bupati
Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, Sabtu siang kemarin langsung meninjau lokasi longsor di ruas jalan Takengon-Bintang dan memberikan semangat kepada tim pekerja maupun relawan di lapangan untuk memprioritaskan pencarian korban yang dilaporkan hilang.

Di lokasi longsor, Bupati Nasaruddin terlihat berbicara dengan
petugas dan masyarakat setempat. Juga terlihat sesekali berkomunikasi melalui hp untuk mengkoordinir pejabat terkait untuk penanggulangan dampak longsor tersebut. “Utamakan dahulu mencari korban yang tertimbun,” ujar Nasaruddin kepada tim lapangan.(nas/my/min) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id