26 April Sirine Tsunami Dibunyikan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

26 April Sirine Tsunami Dibunyikan

26 April Sirine Tsunami Dibunyikan
Foto 26 April Sirine Tsunami Dibunyikan

* Warga jangan Panik

BANDA ACEH – Pada hari Rabu tanggal 26 April 2017, mulai pukul 10.00 WIB, enam sirine tsunami yang terdapat di enam titik, di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar akan dibunyikan secara serentak. Karena itu, masyarakat diingatkan agar tidak panik, karena itu uji coba peralatan TEWS (Tsunami Earli Warning System) yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kasie Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Mukhsin Syafii, ST MT, kepada Serambi Sabtu (22/4). Menurutnya enam sirine tsunami yang akan diuji coba tersebut masing-masing di Kantor Gubernur Aceh (Banda Aceh), Lampulo (Banda Aceh), Blang Oi (Banda Aceh), Lam Awe (Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar), Kajhu (Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar), dan di Lhoknga (Aceh Besar). Aktivasi sirine tsunami itu adalah rangkaian simulasi gempa dan tsunami yang dilaksanakan Pemerintah Aceh melalui BPBA.

Ia menjelaskan, kegiatan itu bagian dari sosialisasi serta kesiapsiagaan menghadapi bencana yang sulit diprediksi kapan datangnya. “Pemerintah Aceh melalui BPBA terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan stakeholder untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang di dalamnya termasuk penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” ungkapnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan itu melibatkan masyarakat, beberapa sekolah siaga bencana di enam lokasi tersebut, kelompok rentan, serta peserta dari aparatur pemerintahan baik tingkat Provinsi Aceh maupun Kota Banda Aceh dan Aceh Besar serta TNI dan Polri. “Masyarakat jangan panik. Lama sirine itu berbunyi 2 menit, 2 kali pencet, 6 kali berbunyi dan terdengar radius 500 sampai 700 meter,” demikian Mukhsin.(mir) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id