Berkas 591 Bidan PTT Lulus CPNS Sudah Siap | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Berkas 591 Bidan PTT Lulus CPNS Sudah Siap

Berkas 591 Bidan PTT Lulus CPNS Sudah Siap
Foto Berkas 591 Bidan PTT Lulus CPNS Sudah Siap

LHOKSUKON – Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, dr Makhrozal kepada Serambi tadi malam menyebutkan, 591 bidan dan 25 dokter pegawai tidak tetap (PTT) yang lulus seleksi administrasi untuk pengangkatan CPNS, sudah siap. Berkas mereka sudah sepekan yang lalu diserahkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembagan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Aceh Utara.

“Untuk proses selanjutnya, itu wewenang dari BPKSDM. Kita hanya membantu memfasilitasi, mengumpulkan berkas bidan dan dokter PTT. Setelah terkumpul semua persyaratannya, kemudian berkas tersebut kita serahkan,” kata Makhrozal.

Disebutkan, jumlah bidan dan dokter PTT yang mengikuti seleksi CPNS PNS pada akhir 2016 mencapai 653 orang. Dari jumlah itu 25 dokter, terdiri atas 13 dokter umum dan 12 dokter gigi.

“Bidan tak lulus tes administrasi 37 orang, karena usia mereka sudah melewati 35 tahun. Usia dalam seleksi kali ini ditetapkan sebagai syarat mutlak,” terangnya.

Setelah lulus seleksi administrasi, tahapan yang harus diikuti mereka adalah tes kesehatan di rumah sakit pemerintah yang meliputi tes narkoba dan kejiwaan. “Salah satu kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi bagi dokter adalah membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan di semua puskesmas dalam Kabupaten Aceh Utara,” kata Kadiskes Aceh Utara.

Begitu juga dengan bidan, sebut Makhrozal, harus bersedia ditempatkan di semua desa dalam Kabupaten Aceh Utara. Setelah lulus CPNS, minimal mereka bersedia mengabdi di Aceh Utara delapan tahun. “Karena kita sangat membutuhkan bidan yang tinggal di desa. Dari 852 desa di Aceh Utara, kita baru memiliki 626 bidan,” katanya.

Karena itu, diingatkan kepada para PTT, supaya tidak meminta pindah tugas setelah lulus jadi PNS. Sedangkan kebutuhan dokter untuk Aceh Utara mencapai 200 orang umum, karena idealnya satu dokter melayani 250 orang. Sementara Aceh Utara baru memiliki 56 dokter umum. Karena itu, Makhrozal mengharapkan, jika semua dokter lulus CPNS, maka akan dapat membantu puskesmas yang masih membutuhkan tambahan dokter. (jaf) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id