DPRK Panggil Pimpinan Dayah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DPRK Panggil Pimpinan Dayah

DPRK Panggil Pimpinan Dayah
Foto DPRK Panggil Pimpinan Dayah

* Kasus Ketimpangan Dana Darul Aitami

MEULABOH-DPRK Aceh Barat, Selasa (18/4) memanggil pimpinan pesantren dan pejabat Pemkab setempatt menyikapi kasus dugaan ketimpangan anggaran Dayah Darul Aitami di Kecamatan Meureubo. Dana untuk pesantren milik Pemkab Aceh Barat tersebut setiap tahunnya disubsidi mencapai miliaran rupiah, sehingga perlu diaudit secara transparan.

Sidang dewan kemarin di ruang Komisi D itu dipimpin Ketua Komisi D DPRK, Banta Lidan, dihadiri anggota dewan setempat. Sedangkan dari Dayah Darul Aitami dihadiri pimpinan pesantren, Tgk Harmen Nuriqmar dan para pengurus.

Sementara dari Pemkab dihadiri Sekda Bukhari, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, T Muslim Reden, Kadis Syariat Islam dan Pemberdayaan Dayah, H Mursalin, dan pejabat inspektorat serta Badan Pengelola Keuangan Daerah.

Banta Lidan menyatakan, kasus dana ini perlu segera diselesaikan oleh Pemkab, sehingga menjadi jelas terhadap anggaran daerah yang selama ini didanai ke Dayah Darul Aitami, mencapai miliran rupiah. Saat ini di dayah telah terjadi saling tuding yang nantinya dapat berdampak pada terganggunya pendidikan di dayah tersebut.

Ia mengatakan, Pemkab tidak membiarkan kasus ini berlarut dan harus dijelaskan penggelolaan angaran dan dibangun transparansi di pesantren. Namun, bila berlarut perlu diturunkan tim audit secara menyeluruh, termasuk DPRK akan menurunkan tim panitia khusus (Pansus).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Muslim Raden menyebutkan, Pemkab sudah menerima rekomendasi yang disampaikan oleh pihak dayah ke bupati. Artinya, persoalan ini sudah disikapi Pemkab sehingga dapat segera diselesaikan dengan cara terbaik.

Seperti pernah diberitakan, kalangan orang tua santri dan guru mengaji di Dayah Darul Aitami Kecamatan Meureubo, Aceh Barat mempertanyakan soal transparansi anggaran yang selama ini dikuncurkan Pemkab melalui Dinas Syariat Islam dan Pemberdayaan Dayah kabupaten setempat. Dana daerah itu mencapai miliran rupiah per tahunnya kepada dayah milik Pemkab setempat.

Perlu Diaudit
Pimpinan Dayah Darul Aitami, Harmen Nuriqmar menyatakan, pihaknya sepakat bahwa dana yang sudah dikuncurkan ke pesantren perlu diaudit menyeluruh, sehingga menjadi jelas. Karena dalam rekomendasi yang dikirimkan oleh dayah ke Pemkab bahwa audit perlu segera diturunkan.

Kasus ini juga sudah mulai ditindaklanjuti dengan dimintai berkas oleh kepolisian. “Kita meminta dilakukan pemeriksaan, sehingga menjadi jelas. Perlu dibangun transparansi anggaran di dayah,” kata Harmen.

Mulai Ditindaklanjuti
Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho melalui Kasat Reskrim, AKP Fitriadi ditanyai kemarin mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengumpulan data dan akan meminta kepada pihak dayah untuk membuat laporan resmi untuk dilakukan pengusutan terkait dana Pemkab yang selama ini dikuncurkan ke pesantren milik Pemkab. “Mulai kita tindaklanjuti terkait mencuat kasus itu,” katanya.(riz) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id