Job Fair Sediakan 2.500 Lowongan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Job Fair Sediakan 2.500 Lowongan

Job Fair Sediakan 2.500 Lowongan
Foto Job Fair Sediakan 2.500 Lowongan

* Hingga Hari Ini di Amel Convention Hall

BANDA ACEH – Sebanyak 2.500 lowongan kerja tersedia di Banda Aceh Job Fair 2017 di Gedung Amel Convention Hall, Simpang BPKP, Ulee Kareng, Banda Aceh sejak kemarin hingga hari ini, Kamis (20/4). Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Banda Aceh bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Ketua Panitia Banda Aceh Job Fair 2017, Mustafa Kamal kepada Serambi kemarin mengatakan kegiatan ini diikuti 38 perusahaan swasta nasional dan BUMN ditambah Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Aceh, dan Dinas Tenaga Kerja Mobilitas Penduduk Aceh.

Menurutnya, pada kesempatan ini BP3TKI menyososialisasi perekrutan bagi yang ingin bekerja di luar negeri secara prosedural. Sedangkan Dinas Tenaga Kerja Mobilitas Penduduk khusus menyosialisasi terkait putra Aceh yang ingin magang ke Jepang.

Adapun 38 perusahaan yang meramaikan Banda Aceh Job Fair ini, kata Mustafa bervariasi ada dari perbankan, asuransi, jasa, farmasi, pendidikan, dan lainnya. Namun yang paling banyak diminati pelamar adalah perbankan, asuransi, perusahaan jasa, dan distributor. Pelamar juga harus membawa sejumlah persyaratan yaitu surat lamaran, pas foto, foto copy ijazah, KTP, dan curiculum vitae.

“Bagi para pencari kerja yang ingin masuk ke arena job fair, maka terlebih dahulu harus mendaftar pada website http://e-bursakerja.kemnaker.go.id setelah mengisi biodata di website tersebut, selanjutnya print/cetak barcode yang telah diberikan sebagai pengganti tiket masuk ke arena job fair,” jelasnya.

Jika tak mendaftar secara online seperti itu, kata Mustafa tak diizinkan masuk. Karena itu, panitia juga menyediakan beberapa komputer untuk mendaftar secara online, sebagai persiapan untuk pencari kerja yang baru tahu harus ada pendaftaran secara online di lokasi itu.

Mustafa mengatakan pendaftaran online itu mereka lakukan agar dapat memonitor seberapa banyak peserta yang hadir pada kegiatan yang dilakukan secara gratis oleh pemerintah ini. “Melalui pendaftaran online itu juga peserta yang hadir dapat diketahui berdasarkan tingkat pendidikan, agama, umur, dan lainnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang sedang mencari pekerja, serta dapat menekan angka pengangguran di Aceh sebab perusahaan yang meramaikan job fair ini merupakan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Pendaftar Capai
9.300-an Orang
Ketua Panitia Banda Aceh Job Fair 2017, Mustafa Kamal menyebutkan hingga Rabu (19/4) pukul 13.30 WIB jumlah pendaftar secara online 9.300-an orang. Sedangkan yang sudah masuk ke arena job fair 3.000-4.000-an orang. Siapapun dipersilakan mendaftar tanpa batasan umur. “Siapapun bisa masuk ke sini (job fair), tapi yang namanya orang cari kerja kalau dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan usia 15 tahun ke atas sudah dianggap tenaga kerja. Tapi rata-rata yang kesini minimal umur 17 sampai 18 tahun,” demikian Mustafa Kamal yang menyampaikan job fair dibuka mulai pukul 9.00-16.00 WIB. (una) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id