Posko Pengungsi tak Dilengkapi MCK | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Posko Pengungsi tak Dilengkapi MCK

Posko Pengungsi tak Dilengkapi MCK
Foto Posko Pengungsi tak Dilengkapi MCK

KUTACANE – Sejumla posko pengungsian bagi para korban banjir belum dilengkapi dengan MCK dan air bersih, sehingga mereka memilih menumpang di rumah keluarga atau kerabat. Penanganan korban banjir juga dinilai lamban, karena sudah lima hari atau pada Sabtgu (15/4), materia banjir seperti bebatuan, kayu gelondongan masih berserakan.

Anggota DPRA dari Partai Demokrat, Jamidin Hamdani, Sabtu (15/4) menyatakan Pemkab Agara lamban menangani korban banjir bandang di Kecamatan Semadam dan Lawe Sigala-gala. “Kita sangat kecewa dengan penanganan korban banjir asal-asalan saja. Ini bisa menimbulkan berbagai masalah,” ujar Jamidin.

Dia yang mengaku langsung melihat lokasi banjir sehari setelah kejadian menyatakan posko pengungsi juga tidak dilengkapi fasilitas air bersih dan MCK. Ditambahkan, korban banjir harus mencuci pakaian dan mandi di saluran parit di lokasi bencana .

Bukan hanya itu saja, sebutnya, material banjir seperti lumpur, bebatuan, dan kayu gelondongan masih menumpuk di rumah warga dan tepi jalan raya, sehingga akan menimbulkan bau tak sedap dan bisa menjadi penyakit bagi masyarakat.

“Hal ini sebenarnya yang jadi masalah, sehingga korban banjir lebih memilih mengungsi di rumah keluarganya dari pada di tenda-tenda pengungsian,” katanya. Sebaliknya, dia memuji kinerja TNI Kodim 0108 Agara di bawah Dandim Letkol Kav Joni Hariadi dan Kasdim Mayor Kav Widi Widayat yang membantu mendistribusikan air bersih dengan dum ptruk dan membersihkan rumah masyarakat, begitu juga relawan lainnya yang menyediakan air bersih.(as) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id