STAIN Meulaboh Gelar Pelatihan Kehumasan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

STAIN Meulaboh Gelar Pelatihan Kehumasan

STAIN Meulaboh Gelar Pelatihan Kehumasan
Foto STAIN Meulaboh Gelar Pelatihan Kehumasan

MEULABOH – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (13/4) menggelar pelatihan kehumasan dan jurnalistik yang dipusatkan di aula kampus. Pelatihan yang diikuti kalangan internal STAIN dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Meulaboh tersebut menghadirkan pemateri Yarmen Dinamika (Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia), Dr Syamsuar Basyariah MAg (Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh) serta sejumlah pemateri lainnya.

Dr Syamsuar Basyariah MAg dalam sambutannya berharap pelatihan kehumasan dan ilmu jurnalistik tersebut dapat bermanfaat dan diterapkan dalam melaksanakan tugas kehumasan. Selain itu peserta juga diharapkan mampu melahirkan berbagai karya jurnalistik dan karya tulis yang berkualitas setelah pelatihan. Sementara itu Yarmen Dinamika dalam materinya mengatakan ada dua hal penting jika ingin menjadi staf atau pejabat Humas terampil. Yakni Humas tidak hanya bertugas menyenangkan atasan, tapi juga harus menebar kebaikan untuk kemaslahatan umat dan alam.

Untuk itu, fungsi pejabat Humas bukan hanya untuk membuat pidato atasan, mengumpulkan kliping koran, membuat resume berita dari berbagai media dan mengirim pernyataan pers dan lainnya. Akan tetapi yang lebih penting adalah melakoni fungsi melayani dan memandu sesuai dengan tugas dan fungsinya. “Harus ada keikhlasan total untuk melayani para tamu, klien atau pelanggan.

Bahkan untuk orang yang datang marah-marah sekalipun, harus dilayani dengan penuh kesabaran. Dan ingat juga fungsi melayani itu harus adil dan tidak boleh diskriminatif,” ujarnya. Menurut Yarmen fungsi membimbing atau memandu juga memegang peranan penting dalam lingkup kehumasan, terutama bagi tamu yang baru pertama kali berkunjung ke sebuah lembaga dan masih awam dengan tempat yang ia kunjungi.

Karena itu, fungis memandu sangat penting bagi seorang staf Humas. Misalkan memandu tamu mengunjungi tempat wisata, sentra kuliner dan pusat oleh-oleh, juga dapat menjadi bagian dari tugas kehumasan. “Sampai ke tingkat ini staf Humas harus berperan. Inilah yang dinamakan serving, guiding, bahkan total escorting,” tambahnya.(edi) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id