Hutan Jadi Area Pertanian Picu Bencana | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hutan Jadi Area Pertanian Picu Bencana

Hutan Jadi Area Pertanian Picu Bencana
Foto Hutan Jadi Area Pertanian Picu Bencana

KUTACANE – Kawasan hutan atau pepohonan besar yang telah dirubah menjadi area pertanian atau perkebunan akan terus memicu bencana alam, seperti banjir. Hutan yang seharusnya mampu menyerap air diganti dengan tanaman muda, sehingga air yang mengalir dari pegunungan tak terbendung sampai permukiman penduduk.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tenggara, Tgk H M Abbas LC dalam khutbah shalat Jumat (14/4) di Masjid Babussalam, Kutacane. “Bencana karena ulah manusia, seperti hutan dirambah dan digantikan dengan tanaman muda dengan alasan untuk peningkatan ekonomi dan perut sejengkal,” jelasnya.

“Allah SWT telah melarang kita untuk tidak merusak hutan, tetapi kita tetap jasa merusaknya, sehingga terjadi musibah banjir bandang dan longsor. Musibah ini terjadi semua karena ulah tangan-tangan manusia yang semakin serakah,” tambahnya.

Menurut dia, sekitar 30 tahun lalu, Agara masih terbentang seperti “karpet” karena hijaunya dedaunan dan juga dijadikan sebagai paru-paru dunia. Dia menambahkan Agara juga ‘menguning’ dari hamparan tanaman padi. Tetapi, kini tinggal kenangan dan bumi yang panas telah mulai kita rasakan,” ujarnya.

“Di mana-mana sawah sudah berubah jadi jalan dengan dalih untuk bisa dilalui kenderaan beca mesin pengangkut hasil panen dan kemudian dijadikan petak-petak untuk didirikan rumah,” urainya. Dia menyatakan warga tidak bisa melarang, karena tanah dan rumah miliknya. “Mari kita berdoa, semoga tidak ada lagi yang membuat kerusakan di negeri ini,” harapnya.(as) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id