Ini Mitos dan Fakta tentang Diabetes | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Mitos dan Fakta tentang Diabetes

Ini Mitos dan Fakta tentang Diabetes
Foto Ini Mitos dan Fakta tentang Diabetes

URI.co.id, BANDA ACEH -Laboratorium Klinik Prodia Banda Aceh mengadakan talkshow “Wellness Prediabetes Quit or Wait? Siapapun Bisa Kena Diabetes”, di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Sabtu (15/4/2017).

Konsultan Endokrin, dr Hendra Zufry SpPD KEMD yang menjadi salah satu pemateri dalam acara itu menyampaikan terkait tanda-tanda klasik diabetes melitus atau kencing manis pada usia muda, yaitu sering haus, rasa lapar yang berlebih, dan sering buang air kecil.

Di Aceh sekitar 14,5 persen masyarakatnya masuk dalam kategori prediabetes. Yaitu istilah untuk tahap penanda awal dari penyakit diabetes tipe 2 ketika level gula darah mulai melebihi batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dapat dikategorikan sebagai penyakit diabetes melitus tipe 2.

Ada beberapa mitos seputar diabetes yang juga disampaikan oleh dr Hendra, mitos yang pertama, diabetes bisa disembuhkan. ” Target pengobatan dari diabetes bukan sembuh tapi terkontrol. Faktanya diabetes belum dapat disembuhkan tapi bisa dikontrol dengan mengontrol gula darah menjadi normal,” katanya.

Kedua, ada makanan khusus untuk penderita diabetes ini termasuk mitos. Sebab, menurut dr Hendra tidak ada makanan khusus bagi yang mengalami diabetes hanya saja makanannya harus dikontrol.

Dan penderita diabetes hanya boleh makan nasi dengan jumlah yang sedikit, ini juga termasuk mitos. Karena apabila tidak makan, maka kebutuhan karbohidrat untuk tubuh tidak terpenuhi sehingga mempengaruhi kinerja otak. Maka itu makannya harus dijaga dan dikontrol.

Mitos selanjutnya adalah diabetes tidak dapat dicegah. Faktanya, 80 persen dapat dicegah dengan rajin berolahraga, hindari stres, dan tidak merokok. (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id