Permasalahan Klasik PDAM | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Permasalahan Klasik PDAM

Permasalahan Klasik PDAM
Foto Permasalahan Klasik PDAM

DUNIA baru saja memperingati Hari Air Sedunia, yaitu setiap 22 Maret setiap tahunnya, dimana tema tahun ini adalah waste water (air limbah). Tema peringatan hari air setiap tahunnya selalu berubah dan berganti sesuai issu yang sedang berkembang dan dialami oleh berbagai negara di dunia ini.

Di Indonesia masalah air bersih adalah tanggung jawab Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai penyedia air bersih dan air minum. PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) senantiasa diharapkan memberi harapan bagi masyarakat untuk memperoleh air bersih. Sebagai perusahaan tentu berorientasi pada bisnis dan provit, dengan mengutamakan ketersediaan air minum dan air bersih secara berkelanjutan.

Problematika PDAM di negeri kita termasuk daerah-daerah di Aceh pada khususnya yang dirasakan oleh lapisan masyarakat adalah tidak lancarnya pasokan air ke kran-kran rumah dan intansi para pelanggan alias sering macet supplai air bersihnya. Di samping itu permasalah klasik yang dialami PDAM adalah menunggaknya pembayaran listrik kepada PLN, menunggaknya tagihan rekening air pelanggan dan kesulitan membayar gaji karyawan.

Sudah seharusnya pemerintah daerah maupun pemerintah pusat ikut bertanggung jawab dan memperhatikan kondisi yang dialami oleh PDAM. Terlebih lagi PDAM adalah milik daerah/kabupaten, dengan cara penyertaan modal dan bantuan operasional rutin tiap tahun yang dianggarkan untuk PDAM.

Seperti halnya yang dialami PDAM Tirta Krueng Meureudu, sampai saat ini belum menerima bantuan apapun dari Pemkab Pidie Jaya termasuk penyertaan modal dari pemerintah daerah, padahal kondisi kami juga berdampak atas musibah gempa bumi pada 7 Desember 2016 silam.

Banyak jaringan pipa milik PDAM Tirta Krueng Meureudu rusak dan bocor yang tidak terdeteksi, sehingga supplai air bersih kepada pelanggan tidak lancar. Akibatnya upaya penagihan kepada pelanggan tidak bisa dilakukan dan tidak mampu membayar gaji karyawan yang sudah 3 bulan sejak musibah gempa belum dibayar.

Teuku Rahmad Danil Cotseurani
Audit dan Pelaporan/Penata Laporan
Keuangan PDAM Tirta Krueng Meureudu
Pidie Jaya.
Email: [email protected] (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id