TNI-Pilri Halau Kawanan Gajah Liar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

TNI-Pilri Halau Kawanan Gajah Liar

TNI-Pilri Halau Kawanan Gajah Liar
Foto TNI-Pilri Halau Kawanan Gajah Liar

SIGLI- Puluhan personel aparat TNI dari Jajaran Kodim 0102/Pidie bersama polisi dan masyarakat Kemukiman Gampong Kandang, Kecamatan Sakti, Pidie, sejak sepekan terakhir terus berupaya menghalau sebanyak 26 ekor kawanan gajah liar di kawasan itu. Gajah tersebut sering masuk perkampungan warga serta merusak areal kebun dan persawahan.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Usik Samwa Parana kepada Serambi, Jumat (14/4) mengatakan, penghalauan binatang berbelalai itu dilakukan sejak sepekan lalu. Misalnya, dengan cara melakukan pengawasan terhadap 26 ekor kawanan gajah liar yang telah memasuki pemukiman Gampong Kandang, Kecamatan Sakti, Pidie.

“Kawananan gajah liar itu ternyata telah meresahkan warga selama satu pekan terakhir,” sebut dandim.

Dari hasil monitoring, dalam tempo satu pekan keberadaan kawanan binatang berjulukan ‘Poe Meurah’ itu telah memangsa areal padi warga seluas 5 hektare, berupa tanaman kelapa dan pinang.

Hingga hari ini, tim gabungan TNI/Polri serta masyarakat terus berupaya melakukan pengusiran ke arah sungai Krueng Baro. Namun, upaya ini mendapat kesulitan dikarenakan belum adanya Pawang yang mengerti tentang penanganan masalah gajah liar.

Masyarakat Kemukiman Kandang untuk sementara terpaksa menghalau gangguan gajah liar tersebut dengan cara menggunakan petasan mercon serta bahasa isyarat. Keberadaan gajah liar itu telah dilaporkan ke Dinas Pertanian dan Kehutanan Pidie.

Tim gabungan saat ini, katanya, masih menunggu penanganan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Saree, Aceh Besar untuk diambil tindakan selanjutnya.(c43) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id