Kankemenag Abdya Persoalkan Pengangkatan Pj Keuchik Blang Manggeng | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kankemenag Abdya Persoalkan Pengangkatan Pj Keuchik Blang Manggeng

Kankemenag Abdya Persoalkan Pengangkatan Pj Keuchik Blang Manggeng
Foto Kankemenag Abdya Persoalkan Pengangkatan Pj Keuchik Blang Manggeng

URI.co.id,BLANGPIDIE– Pengangkatan dan pelantikan Nurman SPdI, PNS/guru MTsN Manggeng sebagai Penjabat (Pj) Gampong/Desa Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, dipersoalkan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Abdya.

Pasalnya, Nurman sekarang ini berstatus Pengawai Negeri Sipil (PNS) Pusat, dan saat ini melaksanakan tugas sebagai guru pada MTsN Manggeng.

Kepala Kankemenag Abdya, Drs H Arijal MSi dihubungi URI.co.id, Jumat (14/4/2017) menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Desa, dijelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa karena diberhentikan, pemerintah daerah menunjuk penjabat (pj) kepala desa berasal dari PNS lingkungan pemerintah daerah kabupaten/kota (PNS daerah).

“Ketentuan ini diatur dalam Pasal 40 ayat 3 dan 4, PP Nomor 43 Tahun 2014,” kata Arijal.

Sedangkan Nurman saat ini berstatus PNS pusat di lingkungan Kankemenag Abdya, yaitu tenaga guru pada MTsN Manggeng.

“Merujuk kepada peraturan PP Nomor 43 Tahun 2014, penunjukan atau pengangkutan Pj Keuchik tidak boleh berasal dari PNS pusat, melainkan PNS daerah,” ungkap Arijal.

Ditanya, apakah Pemkab Abdya pernah mengajukan surat permintaan izin untuk memakai tenaga Nurman sebagai Pj Keuchik Blang Manggeng, Kepala Kankemenag Abdya memastikan tidak pernah.

Lagi pula, katanya, kalau pun diajukan, pihaknya tidak berani memberi izin atau izin karena tidak dibenarkan oleh aturan.

Diberitakan sebelumnya, Nurman telah diangkat sebagai Pj Keuchik/Kepala Desa Blang Manggeng, berdasarkan SK Bupati Abdya Nomor 214 tahun 2017 tanggal 4 April 2017.

Malahan, Nurman yang PNS pusat itu telah dilantik sebagai Pj Keuchik Gampong Blang Manggeng, menggantikan Hermi yang telah diberhentikan oleh Bupati Abdya.

Pelantikan Nurman dilaksanakan Asisten Pemerintahan Abdya, Drs M Hanafiah AK SH MM di ruang kerjanya, Kamis (13/4/2017) sore. Prosesi pelantikan pj keuchik terrsebut menarik perhatian karena dikawal ketat personel Satpol PP dan WH Abdya. (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id