Banjir Agara Renggut 2 Nyawa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Banjir Agara Renggut 2 Nyawa

Banjir Agara Renggut 2 Nyawa
Foto Banjir Agara Renggut 2 Nyawa

* 503 Rumah Rusak

KUTACANE – Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Lawe Sigala-gala dan Semadam, Aceh Tenggara (Agara) menyebabkan dua warga meninggal dunia, 503 rumah rusak berat dan ringan dan satu jembatan di Desa Gaya Jaya, Lawe Sigala-gala, putus.

Banjir bandang terjadi Selasa (11/4) pukul 18.00 WIB. Air bah yang menyapu permukiman penduduk itu membawa bebatuan, lumpur, dan kayu yang diduga akibat maraknya perambahan hutan.

Areal yang disapu banjir bandang meliputi setidaknya 15 desa di Lawe Sigala-gala yaitu Lawe Rakat (korban tiga rumah), Kute Tengah (empat rumah), Lawe Sigala Timur (30 rumah), Lawe Sigala Barat (18 rumah), Lawe Sigala Barat Jaya (70 rumah), Kayu Mbelin (80 rumah), Lawe Sigala II (22 rumah), Lawe Tua Gabungan (107 rumah), Lawe Tua Persatuan (20 rumah), Lawe Tua Makmur (30 rumah), Bukit Merdeka (10 rumah), dan Lawe Loning Gabungan (dua rumah).

Sedangkan di Kecamatan Semadam, banjir merusak 51 rumah di Desa Suka Makmur dan Desa Lawe Beringin Gayo.

Korban meninggal akibat musibah itu yakni perempuan berusia 80 tahun bernama Boru Panjaitan, warga Desa Lawe Sigala Barat dan bocah perempuan berusia 1,5 tahun bernama Terang Sitenggang dari Desa Lawe Tua Gabungan.

Camat Lawe Sigala-gala, Imansyah Gensi mengatakan, data sementara rumah rusak di kecamatannya sebanyak 452 unit dan satu jembatan. Korban banjir ditampung di tenda pengungsian di Puskesmas Lawe Sigala-gala dan di tenda TNI di Kayu Mbelin.

Menurut Imansyah, arus transportasi dari Agara ke Sumatera Utara mulai lancar setelah alat berat yang dikerahkan BPBD Agara membersihkan puing-puing banjir bandang di badan Jalan Nasional Aceh-Sumut.

Anggota Komisi C DPRK Agara, Gabe Martua Tambunan mengharapkan Pemkab Agara secepatnya menangani korban banjir bandang dengan menyediakan fasilitas air bersih, tenda pengungsian, dan dapur umum.

Bupati Agara terpilih, Raidin Pinim alias Obama beserta istri menyerahkan bantuan mi instans dan air mineral kepada korban banjir bandang di Kecamatan Lawe Sigala-gala dan Semadam.

Ratusan personel TNI jajaran Kodim 0108 Agara dan Kompi A Yonif 114 SM, anggota Polri, dan Satpol-PP membersihkan puing-puing banjir bandang di Desa Kayu Mbelin dan sekitarnya, Kecamatan Semadam.

Dandim 0108 Agara, Letkol Kav Joni Hariadi mengatakan, mereka telah turunkan personel TNI ratusan orang bersama masyarakat bergotong-royong membersihkan lumpur, bebatuan dan kayu gelondongan di pemukiman penduduk. Dampak musibah juga dipantau Ketua DPRK Agara, Irwandi Desky bersama wakilnya, Nasaruddin dan sejumlah anggota.(as) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id