Gerhana Matahari Total 2016 Jadi Trending Topic di Twitter | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gerhana Matahari Total 2016 Jadi Trending Topic di Twitter

Foto Gerhana Matahari Total 2016 Jadi Trending Topic di Twitter

aceh.Uri.co.id, JAKARTA – Gerhana matahari total 2016 menempati posisi pertama di trending topic Twitter Indonesia lewat tagar #GMT2016.

Dalam daftar sepuluh topik yang paling banyak dicuit oleh pengguna Twitter Indonesia, ada juga tagar #totalsolareclipse.

Daerah-daerah di Indonesia yang menjadi pusat jalur totalitas gerhana matahari seperti Palembang, Ternate dan Belitung Timur juga menjadi trending topic di Twitter.

Sementara itu, #GMT2016 menempati posisi kedua dalam daftar trending topic Twitter sedunia.

Di pantai Tanjung Kelayang, Belitung, gerhana matahari total mencapai puncak pada pukul 07.20 WIB dan suasana pantai gelap seperti senja menjelang malam.

Di daerah lain seperti Jakarta dan Bandung, warga juga antusias melihat fenomena alam yang terakhir terjadi tahun 1983. Mereka berbondong-bondong ke kawasan alun-alun Bandung, Observatorium Boscha, juga Planetarium Jakarta.

Proses gerhana matahari di Jakarta mulai terjadi sekitar pukul 06.19.20 WIB. Puncak gerhana sebagian terjadi sekitar pukul 07.21.32 WIB dan gerhana berakhir sekitar pukul 08.31.42 WIB.

Wilayah Jakarta dan sekitarnya hanya akan mengalami fenomena gerhana matahari parsial, atau sekitar 80 persen dari total gerhana.

Sementara itu, sejumlah warga Banda Aceh mulai memadati Gedung Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Ulee Lheue, Banda Aceh, tempat yang dipusatkan untuk melihat gerhana matahari.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan bahwa gerhana matahari untuk wilayah Aceh dapat dilihat sekitar pukul 6.56 WIB.

Menurutnya, untuk wilayah Aceh, posisi gerhana matahari tidak terlihat secara total, melainkan hanya 76 persen. (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id