Warga Tanoh Anoe Demo ke Dewan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Tanoh Anoe Demo ke Dewan

Warga Tanoh Anoe Demo ke Dewan
Foto Warga Tanoh Anoe Demo ke Dewan

 * Berharap Ditampung Bekerja di PT Medco

IDI – Puluhan warga dari Gampong Tanoh Anou bersama pimpinan LSM FPRM, CSC, dan YARA, menggelar demo ke kantor DPRK Aceh Timur, di Idi Rayeuk, Rabu (12/4), menuntut agar PT Medco menampung warga gampong setempat untuk diperkerjakan di perusahaan itu. “Selama ini tidak ada pekerja yang berasal dari Gampong Anoe, baik sebagai OB (office boy), security, driver, dan helper. Semuanya dari luar Aceh Timur,” kata Asril, perwakilan warga.

Ketua LSM CSC, Jufri juga meminta Dinas Ketenagakerja Aceh Timur, agar tidak langsung menerima, syarat perekrutan tenaga kerja yang diberikan PT Medco. Tapi, dikoordinasikan lebih dulu, layak atau nyatidak persyaratan yang dibuat tersebut untuk putra-putri Aceh Timur. “Karena syarat yang dibuat PT Medco di antaranya harus berpengalaman 5-8 tahun sebagai teknisi di industri migas. Tentu syarat ini memberatkan putra-putri di Aceh Timur yang belum memiliki pengalaman seperti diminta PT Medco,” ungkap Jufri.

Ketua FPRM Nasruddin juga meminta Dinas Ketenagakerjaan agar turun ke lokasi PT Medco. Karena, sebagian buruh yang dipekerjakan tidak ada kontrak kerjanya. Aspirasi warga itu diterima Ketua Komisi B DPRK Aceh Timur, Amiruddin, didampingi anggotanya, Irwanda, Asnawi, dan T Saiful Bahri, serta Plt Kepala Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Timur, Mansur.

“Aspirasi ini akan saya sampaikan kepada bupati. Dan hanya bupati yang bisa mengambil keputusan,” ungkap Mansur yang mengaku baru pada 27 Januari 2017 menjadi Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan.

Sementara, Ketua Komisi B Amiruddin, juga berjanji akan mengundang pihak PT Medco, Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Timur, warga dan LSM, untuk duduk bersama untuk mencari solusi atas sejumlah tuntutan tersebut.(c49) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id