Gerhana Matahari Juga Terlihat di Takengon | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gerhana Matahari Juga Terlihat di Takengon

Foto Gerhana Matahari Juga Terlihat di Takengon

aceh.Uri.co.id, TAKENGON – Gerhana matahari yang berlangsung sejak tadi pagi, juga bisa disaksikan di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (9/3/2016), sekira pukul 7.00 WIB.

Meski hanya sebagian, namun penampakan gerhana matahari seperti bulan sabit bisa dinikmati di Dataran Tinggi Gayo (DTG) tetapi harus mengenakan kacamata berwarna gelap.

Gerhana matahari berbentuk bulan sabit, berlangsung selama beberapa menit. Bahkan sinar matahari tak berubah sehingga bila tidak mengenakan kacamata berwarna hitam, proses gerhana matahari tidak akan terlihat.

“Saya sudah sejak jam enam tadi pagi menunggu, untuk mengabadikan gerhana matahari ini. Walau hanya seperti bulan sabit, tapi kita juga bisa melihat proses gerhana itu,” kata Jaya, salah seorang warga Kota Takengon, kepada aceh.Uri.co.id.

Proses gerhana matahari bisa disaksikan di kota dingin itu, lantaran kondisi cuaca yang memang cerah sehingga bila menggunakan alat bantu, seperti kacamata, perangkat kamera dilengkapi dengan tele zoom memadai, sehingga gerhana matahari berbentuk bulan sabit bisa terlihat dengan jelas.

“Karena fenomena alam jarang terjadi sehingga sangat menarik, meskipun di daerah kita tidak sampai terjadi gerhana matahari total seperti di beberapa daerah lain di Indonesia,” pungkasnya. (*) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id