Kerjasama Orang Munafik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kerjasama Orang Munafik

Kerjasama Orang Munafik
Foto Kerjasama Orang Munafik

Oleh: Jarjani Usman

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik” (QS. At Taubah: 67).

Sebagaimana telah diingatkan dalam Alquran, orang-orang munafik lazimnya saling menguatkan atau bahu-membahu dalam kemungkaran. Bila dalam suatu pemerintahan banyak terdapat orang munafik, maka orang-orang yang baik akan dianggap asing, lain, dan disingkirkan. Soalnya, orang-orang yang punya komitmen untuk kebaikan dianggap sebagai pengganggu terhadap keberlangsungan kemungkarannya.

Seperti dalam sebuah lembaga yang banyak bekerja orang-orang bermental koruptif, yang akan dianggap aneh bila tak mau ikut serta berbuat demikian. Bekerja dalam keadaan dikucilkan atau dianggap orang lain, memang tak mudah. Di saat bersungguh-sungguh berusaha untuk menarik kerja lembaganya kepada kebaikan, sebahagian yang lain menarik kepada kemungkaran.

Namun orang-orang baik perlu tetap bersabar dan berusaha untuk bersatu demi kebaikan dan kemenangan. Bila tidak, maka orang-orang mungkar yang terorganisir akan terus berjaya. Harus diyakini bahwa kemenangan bukan berarti harus memperoleh banyak materi dan berada dalam elompok besar. Kemenangan adalah bila mampu mempertahankan diri dalam kebaikan, walaupun berada dalam kelompok kecil. (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id