Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo DPRA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo DPRA

Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo DPRA
Foto Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo DPRA

URI.co.id, BANDA ACEH – Puluhan mahasiswa dari Akademi Kesehatan (Akkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara melancarkan demo di depan Gedung DPRA, Rabu (12/4/2017).

Mereka berharap anggota dewan bersikap atas kebijakan Pemkab Aceh Utara yang akan menutup kampus tersebut mulai tahun depan.

“Kami memohon DPRA untuk proaktif menolak keputusan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang akan menutup atau menjadi Akademi Kesehatan Pemkab Aceh Utara sebagai UPTD,” kata Koordinator Lapangan, Said Muhammad.

Aksi itu diterima oleh Ketua Komisi VI DPRA, Iskandar Daod bersama anggota komisi. Iskandar mengatakan sepakat dengan tuntutan mahasiswa yang menolak penutupan kampus itu.

“Penutupan bukan satu solusi. Kami akan mencari sebuah solusi. Tentu janji ini akan kami tunaikan semampu kami. Saya mendukung aksi ini, tidak boleh ada penutupan kampus,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Akkes Pemkab Aceh Utara mulai tahun ini tidak lagi menerima mahasiswa. Proses perkuliahan di kampus tersebut hanya akan berlangsung sekitar dua tahun lagi, sampai mahasiswa yang ada saat ini menyelesaikan pendidikannya.

Akademi tersebut lalu dijadikan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan pendidikan tinggi merupakan wewenang pemerintah pusat, bukan daerah.

Saat ini, ada 72 kampus kesehatan yang dikelola pemkab/pemko yang harus dialihkan ke pemerintah pusat. Prosesnya sudah dimulai sejak Februari 2017. (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id