Guru CPNS Tuntut Diterbitkan SK PNS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Guru CPNS Tuntut Diterbitkan SK PNS

Guru CPNS Tuntut Diterbitkan SK PNS
Foto Guru CPNS Tuntut Diterbitkan SK PNS

* Dari Aceh Utara Mengadu ke YARA

BANDA ACEH – Sejumlah guru honorer kategori II di Aceh Utara yang sudah lulus tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan sudah mengantongi nomor identitas pegawai (NIP) sejak 2014 menuntut pemerintah setempat menerbitkan SK pengangkatan menjadi PNS.

Hal itu disampaikan sembilan guru honorer Aceh Utara yang sudah lulus CPNS saat meminta bantuan hukum pada Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH dengan mendatangi Kantor YARA di Banda Aceh, Selasa (11/4).

Salah satu perwakilan guru, Jailani SE menjelaskan, alasan pihaknya belum mendapat SK lantaran selama ini mereka mengajar di sekolah swasta. Padahal, mereka sudah mengajar di sekolah negeri sejak 2005 dan hanya beberapa tahun saja diperbantukan di sekolah swasta.

Meskipun mengajar di sekolah swasta, namun kata Jailani, mereka tetap merima gaji dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang bersumber dari APBK setempat. Selain itu, mereka mengajar di sekolah swasta juga atas SK yang dikeluarkan oleh Bupati Aceh Utara.

Ia menjelaskan, pada awalnya ada 48 guru honorer di Aceh Utara yang lulus CPNS tetapi kemudian bermasalah karena tempat tugas mereka tidak sesuai. Anehnya, 12 orang diantaranya menerima SK pada tahun 2014 dan 2015 meskipun bermasalah.

Sementara 36 orang sisanya belum menerima SK. Lalu, 19 orang dari 36 orang itu, sudah keluar NIP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sejak 2014 namun belum memiliki SK hingga sekarang. Akibat belum keluarnya SK, gaji mereka sempat tidak dibayar pada Juni 2014-2015.

Untungnya, gaji tahun 2016 dirapelkan berdasarkan SK yang digolongkan oleh Pemkab mereka CPNS yang tidak lulus seleksi. “Padahal kami sudah sudah lulus seleksi. Saat ini yang kami protes kenapa ke 12 orang tadi sudah ada SK. Kalau mereka bisa dibantu kenapa kami tidak,” timpal guru lain, Cut Adnen.

Karena itu, Jailani menuntut Pemkab Aceh Utara segera mengeluarkan SK pengangkatan PNS untuk mereka. “Yang kami minta SK kami bisa kami terima sebagaimana kawan-kawan yang sudah mendapat SK dalam proses pengangkatan K2 sejak 2014,” kata Jailani.

Apabila tidak diproses, lanjutnya, pihaknya melalui kuasa hukum akan menggugat Pemkab Aceh Utara ke pengadilan. Tapi sejauh ini, pihaknya masih mengupayakan mediasi dengan Pemkab Aceh Utara untuk mencari solusi agar mereka diangkat menjadi PNS. (mas) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id