Holcim Indonesia Bangun Rumah untuk Korban Gempa Pijay | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Holcim Indonesia Bangun Rumah untuk Korban Gempa Pijay

Holcim Indonesia Bangun Rumah untuk Korban Gempa Pijay
Foto Holcim Indonesia Bangun Rumah untuk Korban Gempa Pijay

INOVASI dan solusi berkelanjutan merupakan fokus utama yang diterapkan oleh Holcim Indonesia. Salah satu bentuk komitmen itu diwujudkan dengan membangun dua rumah sederhana untuk dua keluarga korban gempa di Pidie Jaya (Pijay).

PT Holcim Indonesia Tbk melalui anak perusahaannya, PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) bekerja sama dengan Conwood Indonesia membangun dua unit rumah itu dalam waktu tujuh hari.

Dua unit rumah itu dibangun untuk dua keluarga di dua kecamatan. Pertama, untuk keluarga Tgk Fakhrurrazi, warga Alue Keutapang, Kecamatan Bandar Dua (Ulee Glee) dan keluarga M Adam, warga Tanjong Kayee Raya, Kecamatan Bandar Baru (Lueng Putu).

Penyerahakan rumah secara simbolis untuk dua keluarga dilakukan CEO Office Director PT Holcim Indonesia Tbk, Lilik Unggul Rahardjo, President Director PT Conwood Indonesia, Derek Williamson, dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi di rumah Tgk Fakrurrazi, Senin (10/4).

Kedua rumah yang dibangun Holcim dan mitra bisnisnya itu merupakan kelanjutan bantuan yang sudah diberikan Holcim Indonesia beberapa bulan lalu, setelah gempa mengguncang Pidie Jaya 7 Desember 2016. Bantuan pertama yang dikirimkan pada 9 Desember 2016, berupa kebutuhan pandang dan pangan bagi korban, seperti susu, air mineral, beras,mi instan, dan telur.

Selanjutnya, PT Lafarge Cement Indonesia juga mengirimkan lima truk ke Pidie Jaya pada 18 Desember 2016 untuk membantu mengangkut sisa reruntuhan ban- gunan di lokasi gempa selamatujuh hari. Bantuan yang sama juga disalurkan oleh para distributor Semen Andalas (PT Pajar Syahdina, PT Pintoe Aceh Perkasa, PT Bina Guna Lestari, PT Widira Indonad, PT Blang Meunara Andalas dan PT Lhoknga Sarana Andalas) dengan mengirimkan delapan truk ke Pidie Jaya pada 25 Desember 2016.

“Kami melihat masih banyak bantuan yang dibutuhkan warga Pidie Jaya. Salah satunya rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu. Sebagai wujud komitmen kami terhadap lingkungan dan masyarakat, kami bekerja sama dengan Conwood Indonesiauntuk membangun rumah ini dalam waktu tujuh hari,” ujar CEO Office Director PT Holcim Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo, di selasela acara serah terima rumah tersebut di Pidie Jaya, Senin (10/4).

Lilik menjelaskan, pembangunan rumah itu menggunakan material ramah lingkungan tanpa kayu mulai dari bagian kusen, daun pintu, hingga plafon. Selain mampu dibangun dalam waktu yang sangat singkat, rumah ini juga memiliki keunggulan lain, seperti daya tahan dalam jangka waktu panjang, tahan api, serta anti rayap.

“Kekuatan rumah ini juga sama dengan rumah konvensional, karena komposisi material yang digunakan pada rumah ini adalah 70 persen menggunakan Semen Andalas dan 30 persen menggunakan serat selulosa yaitu bahan daur ulang dari kertas, kardus, dan karton bekas,” ungkap Lilik Unggul Raharjo.

Apresiasi Pemerintah Daerah
“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Holcim Indonesia Tbk dan Conwood Indonesia atas bantuan rumah yang diberikan kepada warga kami di Pidie Jaya,” demikian antara lain yang disampaikan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi dalam sambutannya saat penyerahan bantuan rumah tersebut.

Dengan adanya rumah bantuan itu, menurutnya, kedua keluarga tesebut kini bisa hidup di rumah yang representatif dan memenuhi standar kesehatan. “Dengan adanya rumah bantuan dari Holcim ini, tentunya keseharian kedua keluarga ini menjadi lebih baik, layak dan tenang,” ungkap Said Mulyadi.

Kepada penerima rumah bantuan, ia berharap agar rumah tersebut dijaga dengan baik sehingga dapat ditempati dalam waktu yang lama. Sementara itu, Tgk Fakhrurrazi dan M Adam, selaku penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Holcim Indonesia dan Conwood Indonesia. “Kami belum punya rumah, selama ini tinggal di balai pengajian, sumbangan masyarakat.

Terima kasih kami ucapkan kepada PT Holcim Indonesia Tbk dan Conwood Indonesia, syukur kami kepada Allah Swt,” ujar Tgk Fakhrurrazi. Hal senada juga diungkapkan oleh M Adam. Ia bersama anak istrinya begitu terharu saat mengetahui PT Holcim Tbk dan Conwood Indonesia akan membangun satu unit rumah bagi keluarganya. “Selama ini rumah kami dari papan, tempel- empel begitu saja asal bisa untuk ditempati. Alhamdullilah sudah dibangun, yang tidak kami sangka sudah kenyataan, terima kasih PT Holcim Tbk dan Conwood,” pungkasnya. (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id