Warga Gagalkan Pelantikan Pj Keuchik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Gagalkan Pelantikan Pj Keuchik

Warga Gagalkan Pelantikan Pj Keuchik
Foto Warga Gagalkan Pelantikan Pj Keuchik

BLANGPIDIE – Puluhan warga Desa Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya menggagalkan pelantikan Nurman SPd I sebagai Penjabat (Pj) Keuchik Blang Manggeng, Selasa (11/4). Massa mendatangi Kantor Kecamatan Manggeng dan kemudian menduduki aula kantor tersebut yang menjadi lokasi acara pelantikan Pj keuchik.

Camat Manggeng Tabari sedianya pada pukul 09.00 WIB kemarin melantik dan mengambil sumpah Nurman sebagai Pj Keuchik Blang Manggeng, menggantikan Hermi yang disudah diberhentikan bupati Abdya berdasarkan SK tanggal 4 April lalu. Namun, sebelum acara pelantikan dimulai tiba-tiba puluhan warga datang ke Kantor Camat Manggeng di lokasi Jalan Nasional.

Massa dari laki-laki dan perempuan itu langsung masuk dan menduduki Aula Kantor Camat Manggeng dengan mengusung sejumlah spanduk yang isinya menolak pemberhentian Hermi. Massa juga berorasi yang isinya menolak pemberhentian Hermi sebagai keuchik Blang Manggeng karena tanpa alasan yang jelas dan menolak pelantikan Nurman sebagai Pj Keuchik yang baru.

Suasana tampak tegang karena massa yang setuju terhadap pelantikan Pj Keuchik Blang Manggeng juga mendatangi Kantor Camat Manggeng. Tetapi massa tidak masuk dalam ruangan aula, melainkan berkumpul di area perkarangan kantor camat. Sementara itu Camat Manggeng Tabari didampingi Danramil Kapten Inf M Latif dan pejabat yang mewakili Kapolsek berupaya menenangkan massa yang sudah menduduki ruangan aula kantor camat. Tetapi massa tetap bersikeras agar Pj keuchik Blang Manggeng tidak dilantik sampai ada ketentuan lebih lanjut dari bupati.

Melihat kondisi mulai memanas, acara pelantikan Pj keuchik diskor. Kemudian Camat Manggeng Tabari melakukan koordinasi melalui telepon dengan Asisten Pemerintahan dan Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya. “Setelah berkoordinasi dengan Asisten Pemerintahan dan Kabag Pemerintahan, akhirnya diputuskan pelantikan Pj keuchik Blang Manggeng ditunda sementara dan pelantikan akan dijadwalkan kembali atau menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan,” kata Camat Manggeng Tabari kepada Serambi.

Tabari menjelaskan pelantikan Pj keuchik Blang Manggeng Nurman yang dijadwalkan kemarin hanya semata melaksanakan perintah pimpinan. Berdasarkan SK Bupati Abdya Nomor 214 tahun 2017 tanggal 4 April 2017 memberhentikan Hermi selaku keuchik Gampong Blang Manggeng dan mengangkat Nurman SPd I sebagai Pj Keuchik Blang Manggeng periode 2017-2018 antara lain bertugas mempersiapkan pemilihan keuchik yang definitif.(nun)

Sementara itu Hermi, selaku keuchik Gampong Blang Manggeng yang sudah diberhentikan bupati mengatakan tindakan bupati memberhentikan dirinya dari jabatan keuchik berdasarkan SK tanggal 4 April, tidak ada dasar yang jelas. “Saya diberhentikan hanya karena surat mosi tidak percaya dari masyarakat yang isinya sangat mengada-ada,” katanya kepada Serambi kemarin.

Dia sebutkan bupati seharusnya melakukan cek kebenaran terlebih dahulu apakah tuduhan dalam mosi tidak percaya tersebut benar atau tidak. Apakah tanda tangan masyarakat dalam surat mosi tidak percaya itu ada yang dipalsukan atau tidak. Hermi juga akan melaporkan kasus yang menimpa dirinya kepada Komisi A DPRK Abdya. “Besok (hari ini) saya menghadap ketua Komisi A DPRK untuk melaporkan tindakan penzaliman terhadap diri saya,” tegasnya.(nun) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id