Amanat Disia-siakan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Amanat Disia-siakan

Amanat Disia-siakan
Foto Amanat Disia-siakan

Oleh: Jarjani Usman

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) bersabda, “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; “Bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi SAW menjawab, “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu” (HR. Bukhari).

Menyia-nyiakan amanat di zaman sekarang sudah dianggap biasa, meskipun dosanya luar biasa. Bahkan seringkali pelaku-pelakunya juga bukan orang biasa, tetapi orang-orang yang dipercaya mampu dan berjanji memegang amanah.

Disebut orang-orang tak biasa karena sering melibatkan orang-orang yang punya kekuasaan tinggi. Seperti diangkatnya orang-orang yang lemah pikirannya dan malas berpikir untuk menjadi pengurus rakyat. Bahkan ditempatkan anggota-anggota keluarga dan orang-orang dekat, walau tidak ahli. Sehingga lembaga rakyat yang seharusnya diurus orang-orang yang benar-benar ahli, berubah menjadi lembaga ahli famili.

Beginilah proses menuju kehancuran yang tak terelakkan, walaupun yang orang-orang yang melakukannya mengaku melakukan perbaikan. Dengan kata lain, inilah bentuk perbuatan pembodohan masif yang berdampak panjang dan luas bagi orang banyak. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id