Rombongan Tamu Arab Saudi Kunjungi Banda Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rombongan Tamu Arab Saudi Kunjungi Banda Aceh

Rombongan Tamu Arab Saudi Kunjungi Banda Aceh
Foto Rombongan Tamu Arab Saudi Kunjungi Banda Aceh

URI.co.id, BANDA ACEH – Sebanyak 40 tamu dari Arab Saudi tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu (10/4/2017) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kedatangan para tokoh pendidikan Arab Saudi di Serambi Mekkah guna melaksanakan sejumlah agenda di Banda Aceh. Para tamu disambut Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah di Bandara SIM.

Seusai temu ramah dengan Gubernur di Ruang VIP Bandara SIM, rombongan langsung bergerak ke Gedung Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, di Lampeuneurut, Aceh Besar.

Kedatangan mereka ke Aceh terbilang singkat. Sebab pada pukul 22.00 WIB, mereka harus berada kembali di Bandara SIM untuk berangkat pulang dengan pesawat pribadinya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA kepada URI.co.id mengatakan, pihaknya mengapresiasi kunjungan tamu Arab ke MPU Aceh.

Dalam pertemuan singkat itu, pimpingan rombongan yaitu Rektor Universitas Imam Muhammad Bin Su’ud Arab Saudi, Prof Dr Syaikh Sulaiman Bin Abdullah Abal Khail menyampaikan kekagumannya atas peran ulama Aceh.

“Syaikh Sulaiman menyatakan kagum dengan keindahan Islam di Aceh berkat peran aktif ulamanya,” kata Prof Muslim.

Selain itu lanjutnya, para guru besar dari Arab Saudi juga berpesan untuk terus menegakkan Islam yang moderat, yang diperlihatkan lewat akhlak yang mulia.

“Mereka berpesan agar Aceh terus menegakkan Islam wasath (tengah), yaitu Islam yang ditegakkan dengan kelembutan akhlak seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad,” tukasnya.

Adapun puncak acara kunjungan para tamu Arab yaitu wisuda angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Banda Aceh, pukul 20.30 WIB di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh.

Sebanyak 146 lulusan LIPIA Banda Aceh diwisuda malam ini. Wisuda tersebut dihadiri Rektor Universitas Imam Muhammad Bin Su’ud Arab Saudi, Prof Dr Syaikh Sulaiman Bin Abdullah Abal Khail, Dewan Perguruan Tinggi Islam, para ulama, duta besar, dan tamu undangan dari Arab Saudi yang berjumlah 40 orang.

Para wisudawan dan wisudawati yang dikukuhkan tersebut merupakan angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 di Sekolah LIPIA Banda Aceh, yang terletak  Jalan Prof A Madjid Ibrahim No 8, Lampaseh Kota, Banda Aceh.

LIPIA yang sebelumnya bernama Pusat Pendidikan Bahasa Arab, berdiri di Banda Aceh pada 3 Februari 2007.

Sekolah ini juga dikenal dengan nama Lembaga Khadimul Haramain Asy-Syarifain Raja Abdullah Bin Abdul Aziz.

Berdasarkan keputusan Pemerintah Arab Saudi, pembinaan dan pengawasan administrasi sekolah diserahkan kepada Masjid Raya Baiturrahman. Sedangkan untuk bidang pendidikan di bawah pengawasan LIPIA Jakarta. 
  (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id