Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditangkap | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditangkap

Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditangkap
Foto Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditangkap

BANDA ACEH – Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh, mengamankan dua pencuri spesialis pembongkar rumah dan toko kosong yang ditinggalkan pemiliknya. Kedua tersangka pencuri itu adalah, Surya Halim alias Leubo (23) warga Gampong Leu Ue, Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar dan Firdaus (20) warga Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Keduanya pencuri itu ditangkap oleh warga Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, sekitar seminggu lalu dan diserahkan ke Polisi.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin SH melalui Kasat Reskrim Kompol Raja Gunawan SH MM mengatakan, kedua tersangka pencuri itu ditangkap warga di wilayah hukum Polres Aceh Besar. “Keduanya tersangka sebelumnya diamankan di Polsek Kuta Malaka, setelah ditangkap warga saat mencuri di wilayah hukum Aceh Besar,” ujar Kompol Raja kepada wartawan, Minggu (9/4).

Dalam aksinya, kedua pelaku ‘menyapu bersih’ semua isi rumah dan toko yang digasaknya, mulai tempat kloset WC, jeruji besi, spring bed sampai dispenser air yang telah rusak juga ikut dicuri. “Bukan hanya barang-barang berharga. Tapi, seluruh barang yang ditemukan dalam atau ruko diangkut ke mobil,” kata Raja.

Menurut Raja ada 15 rumah dan toko yang dibongkar dan masih diingat oleh kedua tersangka, termasuk rumah Kepala Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) di Kompleks Kesehatan Gampong Leu Ue. Selain itu ada rumah di Kompleks BPD Geu Gajah, Toko Kedai Selam dan rumah serta usaha bakso di Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

Kemudian ada dua rumah di belakang stasiun TVRI Aceh di Kecamatan Darul Imarah, Toko Parfum di Lambaro. Lalu kedai mie di Peukan Bada dan toko service elektronik di Gampong Emperom, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. “Lalu di wilayah hukum Polres Aceh Besar, kedua tersangka juga mengambil besi jembatan Indrapuri, sebuah doorsmer di Seulimuem.

Keseluruhan barang-barang yang dicuri dari rumah dan toko yang dibongkar mereka diangkut ke dalam mobil Toyota Avanza Veloz BL 991 LR yang dirental. Mobil rental itu sendiri telah dibongkar oleh pelaku untuk bisa membawa curian dalam jumlah besar. “Kursi bagian tengah dan belakang mobil rental itu dibongkar. Kini mobil itu turut kita amankan di Polresta. Mobil tersebut dihancurkan oleh massa yang menangkap kedua tersangka pada saat itu,” sebut Kasat Reskrim. Menurutnya, puluhan jenis barang curian yang digasak dari 15 rumah dan toko itu ditemukan dalam sebuah bunker di rumah Firdaus dan rumah Surya Halim alias Leubo.(mir) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id