Suplai Air PDAM belum Merata | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Suplai Air PDAM belum Merata

Suplai Air PDAM belum Merata
Foto Suplai Air PDAM belum Merata

* Dalam Tahap Normalisasi

BANDA ACEH – Walaupun pengerjaan pengantian dan penyambungan kembali pipa PDAM di Simpang Surabaya, Banda Aceh, sudah selesai sejak tiga hari lalu. Namun suplai air PDAM Tirta Daroy ke sejumlah pelanggan hingga Sabtu kemarin belum merata.

Informasi dihimpun Serambi kemarin, belum normalnya suplai air PDAM untuk sebagian pelanggan itu antara lain untuk kawasan Jeulingke, Lambaro Skep, Lamdingin, Kampung Mulia, Lampulo hingga Luengbata. Sehingga kondisi itu semakin memperpanjang masa krisis air bersih yang sudah dialami warga sejak beberapa minggu terakhir.

Ferdian, warga Lambaro Skep kepada Serambi kemarin mengatakan, rumahnya sudah tidak mengalir lagi air PDAM sejak pertengahan Februari 2017 lalu. Sehingga untuk kebutuhan sehari-hari terkadang mereka harus memakai air sumur yang berbau dan keruh. “Sejak saat itu untuk kebutuhan MCK, kami harus mencari ke tempat saudara, kalau sudah mendesak terpaksa memakai air sumur,’ ujar Ferdian kemarin.

Menurutnya, berhenti suplai air bersih ke pelanggan memang sangat menganggu aktivitas warga di kawasan tersebut. Bahkan, ada tetangga mereka yang memilih pindah sementara sambil menunggu air kembali lancar.

Namun sejak tiga hari terakhir air sudah mulai mengalir, walaupun tidak lancar seperti semula. Sehingga, lanjutnya, untuk mengisi air ukuran satu bak membutuhkan waktu hingga satu malam, padahal sudah dibantu dengan mesin pompa.

Hal yang sama juga disampaikan Rahmi, warga Jeulingke. Katanya dalam beberapa terakhir air sering tidak mengalir di rumahnya, terutama pagi hari. Sehingga kondisi itu sangat menganggu rutinitas warga, seperti menyuci. Rahmi berharap pihak PDAM Tirta Daroy segera membenahi jaringan, sehingga suplai air kembali lancar.

Direktur PDAM Tirta Daroy Banda Aceh, T Novrizal Aiyub kepada Serambi mengatakan, walaupun pihaknya sudah menyelesaikan pemasangan pipa, memang tidak menjamin semua warga langsung mendapat pasokan air. Karena masih membutuhkan waktu untuk normalisasi yang paling lama seminggu.

“Selama perbaikan, pipa sudah dipenuhi angin membuat aliran air tertahan terutama pelanggan di ujung jaringan,” jelas Ampon Yub.

Ampon Yub menambahkan, saat ini suplai air dari unit produksi sudah kembali normal yaitu 700 liter kubik/detik, sehingga jumlah itu sudah sesuai untuk pelanggan PDAM Tirta Daroy.(mun) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id