KIP Tetapkan Irwandi-Nova sebagai Pemenang Pilgub | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP Tetapkan Irwandi-Nova sebagai Pemenang Pilgub

KIP Tetapkan Irwandi-Nova sebagai Pemenang Pilgub
Foto KIP Tetapkan Irwandi-Nova sebagai Pemenang Pilgub

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah sebagai pemenang dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Aceh 2017. Keduanya ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih dalam Rapat Pleno KIP Aceh yang berlangsung di Hotel Hermes Banda Aceh, Jumat (7/4).

“Pertama, menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih dalam pemilihan tahun 2017, Saudara drh Irwandi Yusuf MSc dan Saudara Ir Nova Iriansyah MT dengan perolehan 898.710 suara,” kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi SH yang memimpin rapat pleno tersebut.

Surat keputusan itu dibacakan Ridwan Hadi di hadapan tamu undangan yang hadir dalam rapat tersebut, termasuk calon terpilih beserta partai pengusung dan pendukung.

Keputusan itu, lanjut Ridwan Hadi, berlaku sejak tanggal ditetapkan. “Ditetapkan di Banda Aceh, pada tanggal 7 April 2017, Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh, Ridwan Hadi, ditandatangani,” ujarnya. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan KIP Aceh Nomor 15/Kpts/KIP Aceh/Tahun 2017 tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017.

Seusai Ridwan Hadi membacakan keputusan, semua Komisioner KIP Aceh diminta menandatangani putusan tersebut, sebelum diserahkan ke pasangan calon terpilih, partai pengusung, dan Panwaslih Aceh. Putusan itu ditandatangani setelah ada sedikit koreksi, karena terjadi kesalahan nomor urut pada bab memutuskan di lembaran terakhir.

Irwandi Yusuf yang ditetapkan sebagai gubernur terpilih, tidak hadir dalam rapat pleno kemarin. Ia dikabarkan sedang berada di Jerman. “Lagi di Jerman, undangan untuk menghadiri penetapan datang saat Bang Wandi sudah di sana,” kata Darwati A Gani, istri Irwandi Yusuf, saat dikonfirmasi via WhatsApp kemarin.

Alhasil, SK yang seyogianya diterima Irwandi Yusuf, diterima oleh Nova Iriansyah selaku wakil gubernur terpilih. Di hadapan para tamu undangan, Nova menerima SK tersebut dari Muhammad, salah satu komisinoer KIP Aceh. SK yang sama juga diserahkan kepada partai pengusung dan Panwaslih Aceh.

Rapat pleno KIP Aceh kemarin, berlangsung aman dan lancar, pihak kepolisian juga mengawal ketat jalannya rapat.

Selain Nova Iriansyah, rapat pleno kemarin turut dihadiri oleh T Alaidinysah, calon wakil gubernur Aceh yang bepasangan dengan Zakaria Saman atau Apa Karya. Alaidinysah satu-satu calon selain pasangan terpilih yang hadir dalam rapat pleno itu.

Sementara dari unsur legislatif, tampak Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda dan Dalimi. Sulaiman Abda juga turut menerima SK KIP Aceh tersebut. Selain itu, panelis debat kandidat, Saifuddin Bantasyam SH MA dan Mawardi Ismail SH MHum juga hadir menyaksikan keputusan yang dibacakan KIP Aceh tersebut.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, seperti Pemerintah Aceh, pihak keamanan TNI/Polri dan seluruh stakeholder yang telah bersama mewujudkan pilkada yang aman dan damai di Aceh. “Ini tahapan terakhir KIP Aceh, tentunya kita berharap gubernur terpilih dapat membawa Aceh yang lebih baik, mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Aceh,” sebut Ridwan Hadi.

Diserah ke DPRA
Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi bersama anggota komisionernya, Jumat (7/4) pukul 15.15 WIB, di ruang kerja Wakil Ketua I DPRA, menyerahkan hasil penetapan pemenang Pilgub periode 2017-2022, untuk pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah kepada Wakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda MSi, didampingi Wakil Ketua II DPRA.

“Setelah penyerahan berkas hasil penetapan pemenang pemilihan gubernur dan wakil gubernur ini kepada pimpinan DPRA, kita harapkan DPRA dalam masa lima hari kerja ke depan bisa meneruskannya kepada Presiden melalui Mendagri, untuk penerbitan SK pengesahan/ pengangkatan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022,” kata Ridwan Hadi.

Mewakili Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, Wakil Ketua I DPRA, Sulaiman Abda bersama Wakil Ketua III Dalimi ditugaskan untuk menerima berkas penetapan pemenang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022.

Sebelum berkas penetapan pemenang pasangan cagub dan wagub ini diserahkan kepada Presiden melalui Mendagri, pihaknya lebih dulu akan melakukan rapat pimpinan dan rapat Bamus. Dalam rapat pimpinan dan rapat Bamus itu, akan dijadwalkan kapan berkas penetapan pemenang pasangan Pilgub Aceh itu diserahkan kepada Presiden melalui Mendagri untuk diterbitkan SK pengangkatannya.

Menurut Surat Edaran Dirjen Otda Kemendagri, Nomor SE.120/2033/Otda tentang Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota, diberikan waktu untuk meneruskannya kepada Presiden melalui Mendagri selama lima hari.

Waktu lima hari yang diberikan itu, kata Sulaiman Abda, akan menjadi perhatian pimpinan DPRA. “Insya Allah setelah rapat Pimpinan DPRA dan Bamus pekan depan, Pimpinan DPRA akan menyerahkan berkas penetapan pemenang paslon terpilih untuk periode 2017-2022 kepada Presiden melalui Mendagri. (dan/her) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id