Daftar Tunggu Haji Kota Sabang 20 Tahun | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Daftar Tunggu Haji Kota Sabang 20 Tahun

Daftar Tunggu Haji Kota Sabang 20 Tahun
Foto Daftar Tunggu Haji Kota Sabang 20 Tahun

SABANG – Daftar tunggu Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Sabang mencapai 789 orang. Penambahan kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi, telah berdampak pada berkurangnya masa tunggu yang sebelumnya 25 tahun, kini tinggal 20 tahun.

Kasi Haji dan Umrah Kankemenag Kota Sabang, Drs Imanuddin, kepada Serambi Jumat (7/4) mengatakan, minat masyarakat Kota Sabang untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi dan cenderung selalu meningkat setiap tahun.

Kondisi ini tidak kurang dalam rentang waktu cukup panjang peserta CJH baru dapat diberangkatkan ke Tanah Suci. Dilihat dari daftar tunggu di Kankemenag terhitung dari tahun 2010 sampai April 2017 jumlah CJH akan menunaikan ibadah haji sebanyak 789 orang. Nah, jika ada CJH yang baru mendaftar tahun ini, maka baru bisa diberangkatkan ke Tanah Suci tahun 2037 atau 20 tahun mendatang. Begitupun kata Imanuddin, daftar tunggu tersebut, telah berkurang atau terpangkas lima tahun, sebelumnya daftar tunggu sampai 25 tahun.

Berkurangnya rentang waktu antrean itu sehubungan dengan adanya penambahan kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi.

Pada musim haji tahun 2017 CJH asal Kota Sabang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci berjumlah sebanyak 52 orang. Jumlah tersebut jauh meningkat dibandingkan dengan tahun 2016 hanya 34 orang dan tahun 2015 sebanyak 18 orang.

Sebanyak 52 CJH Kota Sabang yang akan diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji tersebut, terdiri 35 orang perempuan dan 17 orang laki-laki yang berasal dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Suka Jaya sebanyak 27 orang dan Kecamatan Suka Karya sebanyak 25 orang. “Kebijakan Pemerintahan Arab Saudi menambah kuota haji Indonesia dapat mengurangi panjangnya antrean jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji,”katanya.(az) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id