Warga Banda Aceh Padati Gedung TDMRC | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Banda Aceh Padati Gedung TDMRC

Foto Warga Banda Aceh Padati Gedung TDMRC

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH – Untuk menyaksikan fenomena alam berupa gerhana matahari, sejumlah warga Banda Aceh mulai memadati Gedung Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Ulee Lheue, Banda Aceh, tempat yang dipusatkan untuk melihat gerhana matahari.

Amatan aceh.Uri.co.id, Rabu (9/3/2016), seusai melaksanakan salat shubuh, sejumlah warga Banda Aceh mulai berduyun-duyun mendatangi gedung TDMRC. Sejumlah orang tua turut juga membawa serta anak-anaknya.

Saat ini warga sedang menanti datangnya fenomena alam tersebut. Enam teleskop dan empat teodolik milik Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh dan BMKG Mata Ie, Aceh Besar, sebagai alat bantu untuk membantu melihat gerhana.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan bahwa gerhana matahari untuk wilayah Aceh dapat dilihat sekitar pukul 6.56 WIB. “Sementara di daerah lain sudah dapat dilihat,” katanya..

Menurutnya, untuk wilayah Aceh, posisi gerhana matahari tidak terlihat secara total, melainkan hanya 76 persen.

“Pada saat gerhana terjadi dianjurkan berzikir dan shalat gerhana dua rakaat. Karena ini sebagai bentuk kekuasaan Allah. Sebab meskipun matahari besar, namun cahayanya mampu ditutupi oleh bulan yang kecil,” ujarnya.(*) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id