Lusa, BPIH Sudah Bisa Dilunasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lusa, BPIH Sudah Bisa Dilunasi

Lusa, BPIH Sudah Bisa Dilunasi
Foto Lusa, BPIH Sudah Bisa Dilunasi

* Tahap Pertama hingga 5 Mei

BANDA ACEH – Calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat melalui embarkasi Aceh sudah bisa melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mulai besok lusa, Senin (10/4). Pelunasan tahap pertama ini hingga Jumat, 5 Mei 2017. Sedangkan tahap kedua 22 Mei-2 Juni.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs HM Daud Pakeh menyampaikan hal ini lewat siaran pers kepada Serambi Jumat (7/4). Menurutnya, pelunasan ini tak hanya kepada CJH yang masuk dalam nomor porsi berangkat tahun ini, tetapi juga kepada CJH yang masuk dalam daftar cadangan.

Kepada mereka diharapkan melunasi BPIH pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH tempat dilakukannya pembayaran setoran awal atau BPS BPIH pengganti yang sudah ditunjuk sebelumnya. “Setelah melunasi di BPS BPIH, maka CJH wajib melapor kepada petugas haji di Kankemenag Kabupaten/Kota tempat mendaftar. Paling lambat tiga hari kerja setelah pelunasan dengan menyerahkan lembar bukti setoran lunas BPIH tahun 1438 H/2017 M,” kata Daud Pakeh.

Daud Pakeh mengatakan proses dan prosedur pelunasan ini sudah diatur dalam Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2017 tentang Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1438H/2017M, Keputusan Menteri Agama RI Nomor 197 Tahun 2017 tentang Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler Tahun 1438H/2017M, serta Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 140 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler Tahun 1438H/2017M.

Begitu juga pelunasan bagi warga negara asing, proses mutasi, jamaah haji cadangan, pemeriksaan kesehatan, dan lainnya juga sudah diatur dalam tiga peraturan ini.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang masuk dalam nomor porsi berangkat tahun ini, namun tidak bisa berangkat karena alasan tertentu agar melaporkan kepada petugas di kabupaten/kota. Tujuannya supaya dapat diisi calon jamaah haji nomor urut porsi berikutnya,” jelasnya.

Aadapun nilai BPIH Aceh tahun ini, kata Kakankemenag Aceh, Daud Pakeh Rp 31.040.900/orang atau lebih murah dibanding tahun sebelumnya Rp 31.117.461/orang. Sedangkan bagi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Aceh Rp 46.302.650/orang atau lebih mahal dibanding tahun sebelumnya.

“Pada musim haji tahun ini, pemerintah menetapkan biaya BPIH bagi calon jamaah haji berbeda dengan TPHD. Pada tahun-tahun sebelumnya BPIH calon jamaah haji dan TPHD dalam satu embarkasi selalu disamakan,” demikian Daud Pakeh. (una) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id