Rp 3 M untuk Rastra Gratis | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rp 3 M untuk Rastra Gratis

Rp 3 M untuk Rastra Gratis
Foto Rp 3 M untuk Rastra Gratis

* Bupati Segera Tetapkan Pagu

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Abdya menyediakan anggaran Rp 3 miliar untuk menebus beras keluarga prasejahtera (rastra) yang sebelumnya disebut raskin. Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Abdya Drs Thamrin menjelaskan anggaran Rp 3 miliar tersebut sudah tersedia dalam APBK 2017 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati (Perbup).

“Sekarang anggaran penebusan rastra untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM) sudah disediakan Pemkab Abdya sehingga beras murah tersebut diterima warga yang berhak secara gratis,” papar Thamrin kepada Serambi kemarin. Menurutnya Pemkab Abdya juga menyediakan ongkos angkut rastra dari pusat kecamatan menuju gampong, termasuk honor keuchik.

Akan tetapi Thamrin mengakui bahwa jatah rastra untuk KPM belum disalurkan selama empat bulan sejak Januari-April 2017. Penyebabnya, Pemerintah Aceh terlambat menetapkan pagu rastra untuk kabupaten. “SK Gubernur Aceh tentang Penetapan Pagu Rastra 2017 untuk Kabupaten Abdya baru kita terima hari ini (kemarin),” tambah Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Syaiful Azhar.

Setelah menerima SK penetapan pagu rastra dari gubernur, bupati Abdya segera mengeluarkan SK penetapan penerima rastra untuk setiap kecamatan dan desa yang berjumlah 152 desa. Selanjutnya Perum Bulog Sub Divre (Divisi Regional) VI Blangpidie segera menyalurkan rastra sampai ke titik kecamatan.

Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional VI Blangpidie Armia Darsyah juga membenarkan SK Gubernur tentang penetapan rastra sudah turun dan sudah diterima Pemkab Abdya. “Setelah Bupati menetapkan pagu rastra setiap kecamatan, kita segera salurkan rastra, karena beras untuk keluarga prasejahtera memang sudah tersedia,” katanya.

Pagu rastra yang ditetapkan Gubernur Aceh untuk Kabupaten Abdya tahun 2017 sebanyak 180.375 Kg (180,375 ton) per bulan. Sedangkan pagu tahun 2016 lalu sebanyak 188.803 Kg (188,803 ton) per bulan.

“Itu berarti jatah rastra tahun ini berkurang 8.428 Kg (8,428 ton) per bulan,” kata Armia. Jumlah KPM yang menerima rastra juga berkurang. Pada tahun 2016 lalu sebanyak 12.587 KPM, sementara tahun ini sejumlah 12.035 KPM atau berkurang 552 KPM.(nun) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id