Warga Barieh Masih Trauma Muncul Gajah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Barieh Masih Trauma Muncul Gajah

Warga Barieh Masih Trauma Muncul Gajah
Foto Warga Barieh Masih Trauma Muncul Gajah

SIGLI-Sedikitnya 10 ekor gajah masuk ke pemukiman penduduk Gampong Barieh, Kecamatan Sakti, Pidie, pada Selasa (4/4) petang. Sehingga masyarakat panik, tetapi berhasil mengusir gajah secara bersama-sama ke arah hutan dengan menggunakan mercon.

Camat Sakti, M Rizal kepada Serambi, Kamis (6/4) mengatakan, meskipun berhasil mengusir gajah, tetapi warga Barieh saat ini masih khawatir didatangani hewan bertubuh besar ini. “Kami harap instansi terkait dapat mengupayakan gajah tidak masuk kampung. Masyarakat sangat cemas,” kata Rizal.

Ihwal masuknya gajah di Gampong Barieh ini berawal saat seorang warga, Muhammad Nur (40) pulang dari kebun. Tiba-tiba di tengah perjalanan dari kejauhan ia melihat gerombolan gajah dari arah lain akan masuk ke Gampong Barieh.

Tak ayal, melihat ‘po merah’ berjumlah sepuluh ekor, warga pun mencari jalur alternatif menuju kampungnya untuk mencari pertolongan. Warga berupaya mengusir gajah agar kembali ke arah hutan atau pegunungan.

Akhirnya, dengan kekompakan warga mereka berhasil melakukan pengusiran gajah dengan cara alami. “Warga membakar beberapa mercon, sehingga gajah berbalik arah kembali ke pegunungan,” kisah Camat Sakti, mengutip keterangan warganya.

Memang sangat heroik, tapi bersamaan suara mercon berbunyi serentak seketika itu rombongan gajah itu berbalik ke arah hutan, sembari mengangkat belalainya. “Warga membakar mercon dengan bersembunyi dari balik rerumputan berjarak sekira beberapa meter,” kata Camat Sakti.

Kapolsek Sakti, Iptu Muhiddin juga menginformasikan hal senada terkait gajah sempat memasuki wilayah Gampong Barieh, Kecamatan Sakti, Pidie. Tidak ada korban ataupun kerusakan, karena warga berhasil mengusir gajah masuk ke pemukiman penduduk.

Maka itu, masyarakat diimbau agar berhati-hati jika hendak beraktivitas ke kebun. “Jangan sampai menjadi korban hewan memiliki belalai ini. Waspadai, segera koordinasi jika melihat gajah masuk ke desa,” katanya.(aya) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id