631 Personel Amankan Penetapan Rocky-Linud | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

631 Personel Amankan Penetapan Rocky-Linud

631 Personel Amankan Penetapan Rocky-Linud
Foto 631 Personel Amankan Penetapan Rocky-Linud

* Masyarakat Aceh Timur Diminta Bersatu

IDI – Sebanyak 631 personel gabungan diturunkan untuk mengamankan rapat pleno terbuka penetapan bupati dan wakil bupati terpilih yang diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur, Kamis (6/4), di Gedung Serbaguna Idi Rayeuk.

Catatan Serambi, pengamanan di Aceh Timur ini merupakan yang terbanyak. Sebagai perbandingan, di Kabupaten Bireuen, jumlah personel yang diturunkan untuk mengamankan rapat pleno KIP sebanyak 380 personel, dan Aceh Barat Daya (Abdya) sebanyak 200 personel.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, mengatakan, rapat pleno KIP berjalan aman dan lancar. “Ada 631 personel yang diturunkan untuk mengamankan rapat pleno. Terdiri dari Brimob, TNI, Satpol PP, dan dari Dinas Perhubungan,” sebutnya kepada Serambi, kemarin.

Dalam rapat kemarin, KIP Aceh Timur menetapkan pasangan H Hasballah bin HM Thaib dan Syahrul bin Syamaun (Rocky-Linud), sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih. Rapat dipimpin oleh Ketua KIP, Iskandar A Gani.

“KIP Aceh Timur mengumumkan H Hasballah bin HM Thaib sebagai Bupati Aceh Timur terpilih dan Syahrul bin Syamaun sebagai Wakil Bupati terpilih sesuai dengan keputusan KIP Aceh Timur nomor: 20/Kpts/KIP.Atim-001.434486/IV/2017. Demikian pengumuman penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Timur terpilih ini disampaikan untuk diketahui sebagai mestinya,” ucap Iskandar A Gani.

Sebelumnya, Iskandar menjelaskan, rapat pleno KIP Aceh Timur dilaksanakan berdasarkan Pasal 53 ayat (6) PKPU Nomor 11 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dalam PKPU nomor 15 Tahun 2016 tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan atau wali kota/wakil wali kota.

Selain itu, ungkap Iskandar, bahwa dalam hal terdapat pengajuan permohonan perselisihan hasil pemilihan kepada MK, penetapan pasangan calon terpilih dilaksanakan paling lama tiga hari setelah penetapan putusan dismissal atau putusan MK dibacakan.

“Untuk itu berdasarkan Surat Keputusan KIP Aceh Timur, Nomor: 20/Kpts/KIP.Atim-001.434486/IV/2017, maka KIP Aceh Timur melaksanakan rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada Kamis, 6 April 2017,” sebutnya.

Rapat pleno dihadiri oleh unsur Forkopimda, Panwaslih Aceh, Sekda, para kepala dinas dan badan, ketua fraksi DPRK, ketua dan anggota Panwaslih. Sedangkan pasangan calon bupati terpilih, H Hasballah bin HM Thaib, terlihat tidak hadir.

Sementara itu, Linud, usai penetapan kemarin mengajak semua masyarakat Aceh Timur bersatu dan bekerja sama untuk membangun Aceh Timur ke arah yang lebih baik. “Berbeda pendapat dalam Pilkada itu hal biasa. Sekarang marilah sama-sama kita berbuat untuk Aceh Timur yang lebih baik,” ucapnya.

Linud juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, tim sukses, dan partai pendukung yang telah bekerja keras untuk memenangkan pihaknya selaku kandidat yang diusung Partai Aceh.(c49) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id