Kabupaten Tetap Dapat Dana Otsus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kabupaten Tetap Dapat Dana Otsus

Kabupaten Tetap Dapat Dana Otsus
Foto Kabupaten Tetap Dapat Dana Otsus

* 40 Persen Diajukan ke Pemprov

BANDA ACEH – Mulai tahun anggaran 2018, pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus) Aceh sepenuhnya ditangani Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh. Hal ini sesuai Qanun Nomor 10 tahun 2016 perubahan kedua Qanun Nomor 2 tahun 2008 tentang Tata Cara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Migas dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus.

Meski begitu, kabupaten/kota tetap diberi hak mengusulkan program pembangunan untuk daerah masing-masing dengan kuota 40 persen dari sumber dana itu, setelah dikurangi dari program bersama. “Tapi usulan program pembangunan harus ditujukan untuk sepuluh program prioritas pembangunan Aceh 2018,” kata Kepala Bappeda Aceh, Azhari Hasan kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (6/4).

Adapun yang dimaksud program bersama, kata Azhari adalah Program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA), bantuan pendidikan kepada 100.000 anak yatim piatu Rp 1,8 juta/orang/tahun, beasiswa kepada mahasiswa, rumah duafa, dan lainnya. Total untuk program bersama ini hampir Rp 1 triliun.

“Jadi jika pada 2018, dana otsus akan diterima Aceh dari pusat Rp 8 triliun dikurangi Rp 1 triliun untuk program bersama. Maka sisa Rp 7 triliun lagi yang dibagi dua. Sebesar 40 persen atau Rp 2,8 triliun untuk pembiayaan usulan program pembangunan Pemkab/Pemko dan 60 persen atau Rp 4,2 triliun menampung usulan program dari SKPA dan aspirasi Anggota DPRA,” jelas Azhari.

Usulan program 40 persen dana otsus kabupaten/kota yang akan dimasukkan dalam sepuluh program prioritas pembangunan Aceh tahun 2018, kata Azhari Hasan sudah mulai dibahas Bappeda Aceh bersama Bappeda Kabupaten/Kota di Kantor Bappeda Aceh, 3-6 April 2017. (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id