Saber Pungli Kumpulkan Reje | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Saber Pungli Kumpulkan Reje

Saber Pungli Kumpulkan Reje
Foto Saber Pungli Kumpulkan Reje

* Plt Bupati Minta Kedepankan Pembinaan

REDELONG – Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Bener Meriah mengumpulkan seluruh reje atau juga disebut kepala desa di Gedung Olah Raga dan Seni (GORS), Redelong, Kamis (6/4). Plt Bupati Bener Meriah, Drs H Rusli M Saleh meminta tim Saber lebih mengedepankan pembinaan dibandingkan penindakan.

Rusli M Saleh dalam sambutan pertamanya langsung menyampaikan terima kasih kepada Ketua Saber Pungli Aceh, Kombes Pol Darmawan Sutarwijaya SE MHum. “Terimakasih pak Darmawan, karena telah hadir di daerah ini dalam rangka memberikan pengarahan dan penjelasan tentang larangan pungli,” jelas Rusli.

Dia berharap agar Satgas Seber Pungli menjelaskan tentang larangan pungutan liar kepada aparatur kampung, karena masuk perbuatan melanggar hukum. “Sosialisasi serupa sudah diselenggarakan tiga kali, namun saya sudah meminta untuk mengedepankan pembinaan terlebih dahulu, tapi kalau dibina juga tidak bisa, saya rasa harus ditindak tegas,” ujarnya.

Sedangkan kepada reje, Rusli berharap agar laporan dana desa, termasuk penyelesaian administrasi harus diselesaikan tepat waktu. “Saya sudah meminta kepada Kapolres Bener Meriah agar memberikan waktu satu setengah bulan, terkait penyusunan administrasi dana desa dan kalaupun tidak diselesaikan, jangan salahkan saber pungli bertindak,” tegasnya.

Sedangkan Kombes Pol Darmawan Sutarwijaya menyatakan masyarakat tidak perlu takut melaporkan dugaan pungli di lingkungan masing-masing, termasuk penyelewengan dana desa. “Kami harapkan masyarakat melaporkan bila ada tindakan pungli, jangan takut untuk melapor, karena kami siap melindungi dan merahasiakan identitas pelapor,” kata Darmawan.

Disebutkan, setiap laporan tindakan pungli di desa harus didukung dengan bukti-bukti yang jelas, serta fakta yang akurat, sehingga tidak ada kesan merugikan orang lain. Darmawan menegaskan jika laporan masyarakat tidak ditindaklanjuti oleh Satgas Saber Pungli Bener Meriah, padahal bukti sudah kuat, maka dapat melaporkan kepada Satgas Pungli Aceh.

“Saya akan memberhentikan dan menggantikan Satgas Saber Pungli itu, ini sesuai kesepakatan saya dengan Kapolda dan juga instruksi dari pak Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum),” ujar Darmawan. Dia menegaskan Satgas Saber Pungli memiliki tugas utama, memberantas pungli dengan efektif dan efisien.

“Saya minta tim Satgas Saber Pungli Bener Meriah agar menunjukan kinerja dengan baik dan jangan takut tangkap, serta proses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sementara, tim Satgas Saber Pungli Bener Meriah memberikan arahan kepada para reje agar dapat mensosialiasikan kepada warganya masing-masing bahwa pungli dilarang. Disebutkan, jika terjadi dugaan penyalahgunaan dana desa, maka dapat dilaporkan ke kontak person 0822-5823-6404 atau email: [email protected]

Acara itu juga turut dihadiri Ketua Saber Pungli Bener Meriah Kompol Jufriadi R SE, unsur Forkopimda, Sekrataris Daerah Bener Meriah Drs Ismarissiska MSi, para asisten bupati, unsur pejabat perangkat daerah, camat, reje, serta tokoh masyarakat.(c51) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id